Gubernur Koster Berupaya Menaikkan PAD Bali, Kontribusi Wisatawan Jadi Salah Satu Pilihan  

Gubernur Bali sedang berupaya menggali sumber-sumber pendapatan lain untuk meningkatkan kemandirian keuangan daerah Bali

Istimewa
Gubernur Koster mengikuti dialog di salah satu televisi nasional melalui rumah jabatannya, Sabtu (27/6/2020). 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Gubernur Bali, Wayan Koster mengaku sedang berupaya menggali sumber-sumber pendapatan lain untuk meningkatkan kemandirian keuangan daerah Provinsi Bali.

“Saya sedang berupaya untuk melakukan ekspansi dengan cara menggali dari sumber-sumber di luar dari sumber yang ada sekarang yang menjadi potensi di provinsi Bali, agar itu bisa menjadi pendapatan asli daerah,” kata Gubernur Koster mengikuti dialog di salah satu televisi nasional melalui rumah jabatannya, Sabtu (27/6/2020).

Beberapa ide peningkatan pendapatan daerah yang digagasnya salah satunya yakni kontribusi wisatawan untuk pemeliharaan lingkungan alam dan budaya Bali.

Ia juga melirik pendapatan dari ekspor berbagai komoditas yang ada di Bali.

Tak Jadi Lakukan Pemecatan, Iwan Bule Sebut Shin Tae-yong Adik

7 Manfaat Rutin Makan Apel Hijau, Mengurangi Kerutan hingga Mengontrol Jerawat

Ini Prakiraan Cuaca BMKG di Bali 27 Juni 2020, Bangli Diperkirakan Hujan Ringan

Selain itu, Gubernur Koster juga mewajibkan perusahaan-perusahaan yang mendapat tender di Pulau Dewata untuk membuka cabang di Bali dan bekerjasama dengan warga lokal.

Gubernur Koster menambahkan, upaya kemandirian keuangan juga dilakukan Pemprov Bali dengan keberhasilan melakukan efisiensi pengeluaran rutin.

Ia mengakui ketergantungan terhadap pemerintah pusat yang cukup tinggi membuat pemerintah daerah harus lebih kreatif untuk meningkatkan kemandirian keuangan daerah.

Kemandirian keuangan daerah sangat penting untuk kesejahteraan masyarakat.

Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng itu mengatakan, pada tahun lalu mengaku berhasil meningkatkan pendapatan daerah menjadi Rp 4 triliun.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved