Corona di Bali

Kasdam IX/Udayana Ikuti Webinar Optimalisasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan Oleh Mabes TNI

Jajaran Kodam IX/Udayana mengikuti Webinar "Optimalisasi pendisiplinan protokol kesehatan menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19"

Dok. Pendam IX/Udayana
Foto : Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya didampingi jajaran pejabat TNI Kodam IX/Udayana mengikuti webinar dari Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana, Denpasar, Bali, pada Jumat (26/6/2020). 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Jajaran Kodam IX/Udayana mengikuti Webinar tingkat nasional Mabes TNI dengan tema “Optimalisasi pendisiplinan protokol kesehatan menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19".

Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya didampingi jajaran pejabat TNI Kodam IX/Udayana mengikuti webinar dari Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana, Denpasar, Bali, pada Jumat (26/6/2020).

Dalam webinar tersebut dipimpin oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen TNI Joni Supriyanto. Kasdam IX/Udayana didampingi oleh Danrem 163/WSA, Kapok Sahli Pangdam IX/Udyayana Asops Kasdam IX/Udayana dan Aster Kasdam IX/Udayana.

Di tingkat pusat, kegiatan tersebut diikuti dari Kementerian Koordinator Bidang PMK, Kementerian Kesehatan, Kasum TNI didampingi para Pejabat Mabes TNI, para Pejabat Mabes Staf TNI (AD, AL dan AU), para Pangkotama dan para Danrem Jajaran Pangkotama, serta para Kapolda seluruh Indonesia.

Ada Ulasan Seni Rupa dan Kota, Ini Jadwal Belajar dari Rumah TVRI Edisi 27 Juni 2020

Ramalan Shio 27 Juni 2020, Shio Babi Majulah dengan Rasa Harapan dan Optimisme

Ramalan Zodiak Cinta 27 Juni 2020, Romansa Baru Membuat Pisces Ceria, Libra Berhati-hatilah

Selaku pembicara dalam acara tersebut diantaranya Kepala BNPB selaku Ketua Gugus Tugas Nasional, Tim Pakar Gugus Tugas Prof. Drh. Wiku Adisasmito, Asops Panglima TNI, Karobinops Sops Polri, dan Danrem 031/Wira Bima.

Saat membuka acara ini, Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen TNI Joni Supriyanto yang menyampaikan bahwa arahan Presiden Joko Widodo tentang adaptasi kebiasaan baru perlu diciptakan pra kondisi yang ketat dengan sosialisasi kepada masyarakat yang dilakukan secara masif mengenai protokol kesehatan.

"Mendukung arahan Presiden tersebut, TNI bersama Polri dan lembaga masyarakat lainnya melaksanakan perbantuan baik kepada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam rangka penanganan Covid-19 setelah terjadinya pandemi," terang Kasum TNI disampaikan Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya dalam rilis yang diterima Tribun Bali

Lanjut dia, operasi kedisiplinan protokol kesehatan dilaksanakan secara massal diakhir bulan Mei yang lalu sampai saat ini, termasuk sosialisasi, edukasi dan simulasi yang massif.

"Dengan memanfaatkan berbagai macam informasi menjadi sarana efektif dengan platform media menjadi cara yang efektif dan efisien untuk membangun sarana masyarakat akan aksi pentingnya protokol kesehatan," jelasnya.

Menurutnya, seluruh upaya pendisiplinan harus dilakukan secara humanis dan persuasif sehingga kesadaran masyarakat dapat timbul secara alami.

Kasdam menuturkan melalui kegiatan ini diharapkan muncul koordinasi dan kerjasama antar Kementerian dan Lembaga Pemda serta komponen bangsa lainnya baik ditingkat nasional maupun di daerah dalam kegiatan operasi pendisiplinan protokol kesehatan masyarakat untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka.

Peran serta kontribusi TNI dan Polri untuk menjadi ujung tombak dalam penanganan Covid-19 di seluruh wilayah Indonesia membantu Satgas Tingkat Nasional dan Gugus Tugas di daerah bekerja dalam satu komando dari Bapak Presiden RI dalam menopang dan menunjang penanganan Covid-19 di seluruh Indonesia.

"Terwujudnya ketangguhan masyarakat dalam menghadapi Covid-19 yang dimulai dari keluarga, komunitas kampung dan daerah yang akan memperkuat ketahanan negara di bidang kesehatan, dan penguatan perilaku masyarakat untuk taat kepada protokol kesehatan menuju Indonesia maju dan Indonesia sejahtera," papar dia. (*).

Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved