50 Persen Akomodasi Wisata di Lembongan Belum Berizin, 192 Penyedia Jasa Akomodasi Ikuti Sosialisasi

50 Persen Akomodasi Wisata di Lembongan Belum Berizin, 192 Penyedia Jasa Akomodasi Wisata Ikuti Sosialisasi Ijin Bersyarat

Istimewa
Sosialisasi terkait Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) Sementara atau ijin bersyarat kepada 192 penyedia akomodasi wisata di Nusa Lembongan dan Jungutbatu, Sabtu (27/6/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Rencana Pemkab Klungkung untuk memberikan izin bersyarat kepada akomodasi wisata yang melanggar sempadan pantai maupun tebing, mulai berproses.

Sabtu (27/6/2020), Pemkab Klungkung menggelar sosialisasi terkait Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) Sementara atau ijin bersyarat kepada 192 penyedia akomodasi wisata di Nusa Lembongan dan Jungutbatu, Klungkung, Bali.

Sebagai tindak lanjut Peraturan Bupati Klungkung Nomor 1 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Bangunan Gedung, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memimpin langsung sosialisasi terkait Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) Sementara atau ijin bersyarat kepada 192 penyedia akomodasi wisata di Nusa Lembongan dan Jungutbatu.

Sejumlah Pemain Skateboard Denpasar Gunakan Kawasan GOR Kebo Iwa Gianyar untuk Latihan

Dituding Ngirim Santet Via Makanan Hajatan, Nenek 60 Tahun Ini Jalani Sumpah Pocong

Puluhan Pengendara Putar Balik, Jalan Sukawati-Tegenungan Gianyar Sedang Diperbaiki

Sosialisasi digelar dalam dua sesi dengan tetap mengikuti protokol kesehatan di Lapangan Futsal Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Bali, Sabtu (27/6/2020).

Hadir Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Klungkung I Made Sudiarka Jaya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Klungkung Anak Agung Lesmana, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapat Daerah Kabupaten Klungkung I Dewa Griawan, Camat Nusa Penida I Komang Widyasa Putra serta tim ahli pembangunan dari Universitas Udayana.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memaparkan, sekitar 50 persen akomodasi wisata di Nusa Lembongan dan Jungutbatu belum memiliki ijin.

Walaupun belum berijin, banyak penyedia akomodasi wisata yang sudah membangun dan beroperasi, meski bangunannya melanggar sempadan, seperti sempadan pantai, jalan dan sebagainya.

Untuk itu, Pemkab Klungkung mengambil kebijakan dengan menerbitkan IMB Sementara atau ijin bersyarat bagi penyedia akomodasi wisata agar nantinya tidak terjadi permasalahan dikemudian hari.

IMB Sementara itu akan diterbitkan jika status tanah atau kepemilikan jelas.

IMB Sementara ini berlaku selama 10 tahun dan bisa diperpanjang dengan ketentuan pemilik tidak boleh melakukan perubahan pada bangunan yang sudah berdiri.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved