Corona di Bali

Tirta Empul Gianyar Terapkan SOP Covid-19 Saat Banyupinaruh

Pengempon Pura Tirta Empul bersama Polsek Sukawati telah mempersiapkan protokol kesehatan Covid-19 saat melukat di pancuran suci & sembahyang di pura

Dok Gianyar
Pengempon Pura Tirta Empul bersama Polsek Tampaksiring melakukan gladi penerapan protokol kesehatan, saat melukat di Pura Tirta Empul, Tampaksiring, Gianyar, Minggu (28/6/2020) sore. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR – Upacara Banyupinaruh yang dilaksanakan setelah Hari Suci Saraswati yang jatuh pada Minggu (5/7/2020) mendatang, telah disikapi secara serius oleh pengempon Pura Tirta Empul, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, Bali.

Sebab seperti perayaan sebelum-sebelumnya, pemandian suci Tirta Empul selalu dipadati umat yang membersihkan diri secara niskala, saat Banyupinaruh.

Dimana pengempon Pura Tirta Empul bersama Polsek Sukawati, telah mempersiapkan protokol kesehatan Covid-19 saat melukat di pancuran suci dan bersembahyang di pura.

Diketahui, dalam situasi normal, antrean umat di dalam kolam sampai mengular, dengan kondisi berdesakan.

Namun dalam situasi pandemi Covis-19, hal tersebut tidak akan terjadi lagi.

Bendesa Adat Manukaya Let, Made Mawiarnata, Senin (29/6/2020), mengatakan pihaknya akan memberlakukan protokol kesehatan untuk setiap umat yang akan melukat saat Bayupinaruh.

Tidak hanya saat berada di pancuran suci, tetapi saat masyarakat tiba di parkiran akan ada pengawasan untuk mengantisipasi kerumuman.

Kemudian, saat memasuki madya mandala, mereka akan diberikan kartu sebagai bukti antrean.

Tak hanya itu, umat juga diarahkan untuk tidak menaruh cang di setiap pancuran suci.

Dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19, umat diarahkan hanya mengaturkan canang dan bersembahyang di madya mandala sebelum melukat.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved