Corona di Indonesia

Soal Tambahan Anggaran Rp 75 Triliun di Kemenkes, Ini Penjelasan Menteri Keuangan Sri Mulyani

Sejak munculnya virus corona atau Covid-19 di Indonesia pada Maret 2020 lalu, Kementerian Keuangan menyebutkan jika Presiden Joko Widodo

(Dokumen Biro KLI Kementerian Keuangan)
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat memberikan sambutan pelantikan 25 pejabat eselon II di Kantor Kemenkeu,Jakarta, Senin (9/9/2019) 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Sejak munculnya virus corona atau Covid-19 di Indonesia pada Maret 2020 lalu, Kementerian Keuangan menyebutkan jika Presiden Joko Widodo langsung bertindak cepat. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan, Presiden Jokowi langsung mengeluarkan Perppu karena ini masalah kesehatan dan belum ada anggarannya di Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Untuk Covid-19 tidak ada di DIPA Kemenkes maka supaya tidak ada penghalang maka terbit Perpu realokasi dan refocusing.

Dari situ, kita menambah alokasi Rp 75 triliun untuk penanganan Covid-19 di bidang kesehatan," ujarnya saat rapat bersama Komisi XI DPR, Senin (29/6/2020).

Penuturan Warga Soal Rumah Berhantu di Cianjur, Kursi Gerak Sendiri & Kades Ungkap Kisah Tragis Ini

Disambut Tari Hanoman, Ini Pesan Pangdam Mayjen TNI Kurnia Mengawali Tugas di Kodam IX/Udayana

Link Streaming Belajar dari Rumah TVRI, Selasa 30 Juni 2020

Kemudian, Sri Mulyani menjelaskan, Kemenkeu membuat aturan turunan dari Perpres tersebut supaya Kemenkes tidak punya kendala anggaran.

"Untuk menjamin Kemenkes tidak merasa terhalang tidak punya angagran.

Jadi, lakukan saja langkah-langkah yang perlu gunakan anggaran, gunakan 100 persen," katanya.

Sementara itu, eks direktur pelaksana Bank Dunia itu menambahkan, proses pencairan dana ke Kemenkes disesuaikan berdasarkan dokumen anggaran.

"Untuk pencairan bukan kasih,cairkan, berdasarkan dokumen anggaran. Treasury single account dan management, berapapun akan keluar bukti pencairan," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Sri Mulyani Merasa Tak Halangi Anggaran Penanganan Covid-19 di Kemenkes, 

(Yanuar Riezqi Yovanda)

Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved