Corona di Bali

Gotong Royong dan Disiplin Menjadi Tantangan Dalam Kegiatan TMMD ke-108 Kodam IX/Udayana

Gotong Royong dan Disiplin Menjadi Tantangan Dalam Kegiatan TMMD ke-108 Kodam IX/Udayana di Tengah Pandemi Covid-19

Dok. Pendam IX/Udayana
Pembukaan TMMD ke-108 tahun 2020 di Aula Makodim 1616/Gianyar, pada Selasa (30/6/2020). 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri di tengah kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -108 tahun 2020 Kodam IX/Udayana.

Kapendam IX/Udayana, Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., menjelaskan, dengan Visi “Nangun Sat Kerti Loka Bali” yang esensinya adalah bergotong-royong, kegiatan TMMD diharapkan dapat menjaga dan melestarikan alam dan budaya Bali.

TMMD ke-108 diselenggarakan di Kabupaten Gianyar dengan sasaran fisik pembukaan jalan sepanjang 2,3 Kilometer dari Desa Buahan Kaja menuju Desa Kerta Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar, Bali resmi dimulai per Selasa (30/6/2020).

"Sehingga nantinya akan memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan krama Bali melalui peningkatan kualitas infrastruktur dan terlebih lagi dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat pedesaan di tengah Pandemi Covid-19 ini," terang Kapendam dalam rilis yang diterima Tribun Bali.

7 Zodiak Ini Dikenal Bijaksana dan Cerdas, Apakah Zodiakmu Termasuk ?

Dari Laut Pesisir hingga Ramlie Oii Ramlie, Ini Jadwal Belajar dari Rumah TVRI Edisi 1 Juli 2020

Ramalan Zodiak Kesehatan 1 Juli 2020, Capricorn Minumlah Air yang Cukup, Aries Komsumsilah Buah

Terkait Pandemi Covid-19, Kapendam menegaskan bahwa hal itu merupakan salah satu contoh tantangan yang harus dapat dihadapi secara bersama melalui budaya gotong-royong yang merupakan warisan bangsa.

"Dengan sikap disiplin dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah," katanya.

Lanjutnya, dalam kegiatan TMMD ke 108 yang mengambil tema 'TMMD Pengabdian Untuk Negeri', tentunya seluruh komponen masyarakat menaruh harapan besar agar dapat memicu dan memotivasi Satgas TMMD untuk melaksanakan tugas yang mulia dalam pengabdian untuk negeri.

"Pelaksanaan program TMMD ke 108 Kodim 1616/Gianyar dilaksanakan di Desa Buahan Kaja dan Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, dengan sasaran fisik pembukaan jalan sepajang 2.359 Km," jelasnya

Adapun kegiatan TMMD ke 108 tahun 2020 secara resmi dibuka oleh Bupati Gianyar, I Made Agus Mahayastra, SST, S.Par, MAP., di Aula Makodim 1616/Gianyar, pada Selasa (30/6/2020).

Pembukaan TMMD ke 108 di Kodim 1616/Gianyar yang ditandai dengan pemukulan gong, dihadiri juga oleh Wakil Bupati Gianyar A.A Gede Mayun, SH., Ketua DPRD Kab. Gianyar, Wakapolres Gianyar, Kajari Gianyar, Setda Kab. Gianyar, OPD Pemda Kab. Gianyar, Muspika Payangan, Kepala Desa Buahan dan Kepala Desa Kerta beserta staf Desa.

Terkait pembukaan TMMD ke 108 tahun 2020 di wilayah Kodam IX/Udayana diselenggarakan di Kodim 1602/Ende, Kodim 1628/Sumbawa Barat dan Kodim 1616/Gianyar.

Dalam kegiatan tersebut, Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Frandy Siboro, selaku Dansatgas TMMD membacakan laporan kesiapan TMMD ke-108 TA 2020 Kodim 1616/Gianyar, dilanjutkan dengan Penandatanganan Naskah penyerahan sasaran fisik TMMD dari Bupati Gianyar kepada Dandim 1616/Gianyar.

Kemudian, dalam sambutan Gubernur Bali yang dibacakan oleh Bupati Gianyar, yang menyampaikan bahwa TMMD adalah salah satu wujud operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dan Kementerian, Lembaga Pemerintah non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya.

TMMD dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan. (*).

Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved