Corona di Bali

Jenazah Warga di Klungkung Ini Harus di Swab Walaupun Sudah Meninggal

Jenazah seorang warga asal Desa Tihingan harus di swab oleh pihak RSUD Klungkung

Istimewa
Foto: Seorang warga asal Desa Tihingan, Banjarangkan, Klungkung dimakamkan dengan standart protokol Covid-19, Rabu (1/7/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Jenazah seorang warga asal Desa Tihingan, Banjarangkan, Klungkung, Bali, harus di swab oleh pihak RSUD Klungkung.

Mengingat warga berjenis kelamin wanita tersebut termasuk OTG (orang tanpa gejala) dan sempat kontak erat dengan pasien positif Covid-19, pemakaman warga itupun dilakukan dengan protokol Covid-19.

"Swabnya sudah kemarin diambil. Dan hal ini bisa kita lakukan sebelum jenazahnya enam jam," ungkap Dirut RSUD Klungkung, dr I Nyoman Kesuma, Rabu (1/7/2020)

Nyoman Kesuma menjelaskan, jenazah wanita itu dibawa keluarganya Selasa (30/6/2020) siang.

125 Paket Sembako Dibagikan Kepada Veteran di Denpasar

Film Korea Selatan ‘#Alive’ Raih 1 Juta Penonton, Dibintangi Oleh Yoo Ah In dan Park Shin Hye

7 Cara Menghindari Terkena Penyakit Diabetes di Usia Muda, di Antaranya Minum Secangkir Teh dan Kopi

Karena meninggal di rumah, pihaknya kurang mengetahui riwayat sakit dari warga tersebut.

"Kami hanya swab, dan saat ini tinggal menunggu hasilnya. Kami juga sudah lakukan pemulasaran terhadap jenazah," ungkap Kesuma.

Kadis Kesehatan Klungkung, dr Made Swapatni ketika dikonfirmasi mengatakan, kalau warga Tihingan tersebut meninggal bukan karena Covid-19.

Namun Swapatni mengakui warga tersebut sempat kontak erat dengan penderita Covid-19 sehingga penguburannya dilakukan dengan protokol Covid-19.

"Bukan karena Covid-19. Tapi karena kontak erat dengan penderita Covid-19 dan belum sempat mengikuti test swab. Maka tata kelola penguburannya dilakukan secara Covid-19," ungkapnya.

Pemakaman warga itu dilakukan di Setra Penasan, Desa Tihingan oleh Tim Penanganan Jenazah Gugus Tugas Covid-19 Klungkung yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Satpol PP dan petugas pemulasaran jenazah RSUD Klungkung.

Proses pemakaman menggunakan APD lengkap, dan sesuai dengan standar protokol Covid-19. (*).

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved