Breaking News:

Corona di Bali

Kontak Erat dengan Pasien Positif Covid-19, Enam Pegawai Dinas PU Bangli Non Reaktif

Tim kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bangli telah melakukan rapid test terhadap enam kontak erat di Dinas PUPR Perkim Bangli

Tribun Bali/Muhammad Fredey Mercury
Humas Satgas Penaggulangan Covid Bangli, I Wayan Dirgayusa. 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Tim kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bangli telah melakukan rapid test terhadap enam kontak erat di Dinas PUPR Perkim Bangli, Bali, Rabu (1/7/2020).

Upaya tersebut dilakukan pasca ditemukan seorang ASN dinas setempat yang diketahui positif Covid-19, dan merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bangli, I Wayan Dirgayusa mengatakan, berdasarkan informasi dari tim kesehatan, terdapat enam orang yang sempat menjalin kontak erat dengan ASN bersangkutan.

Kendati demikian, dari hasil rapid test yang dilakukan, seluruhnya dinyatakan non reaktif.

Lanjut Dirgayusa, hingga kini belum diputuskan perlu dan tidaknya dilakukan rapid test secara masal.

Ia menjelaskan, sesuai SOP pelaksanaan rapid test bersifat massal bilamana jumlah kontak erat menyebar dan banyak ditemukan hasil positif Covid-19.

Sebaliknya, jika dalam satu kasus yang dikembangkan jumlah kontak erat sedikit serta non reaktif, maka tidak perlu dilakukan rapid test masal.

“Termasuk yang terjadi di Dinas PU, bilamana dari enam orang tersebut umpamanya 100 persen reaktif, maka perlu dilakukan tracing ke setiap kasus. Karena tidak menutup kemungkinan enam orang yang bersangkutan melakukan kontak dengan pegawai dari dinas lain sehingga perlu dilakukan rapid test massal. Tapi sampai saat ini, arah untuk melakukan rapid test massal di pegawai belum dibicarakan. Demikian pula arahan untuk rapid test mandiri juga belum ada,” ungkapnya.

Dirgayusa menegaskan, sejatinya jika diperlukan untuk rapid test massal pegawai, Pemkab Bangli juga telah menyiapkan anggaran.

Pun demikian dengan kebutuhan alat rapid test.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved