Corona di Bali

Proyek Jalan Padat Karya ke Destinasi Wisata di Klungkung Ditunda Karena Covid-19

Tahun ini hampir seluruh kegiatan fisik di Klungkung, Bali, harus ditiadakan, termasuk proyek padat karya karena Covid-19

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Klungkung I Gede Kusumajaya. 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Tahun ini hampir seluruh kegiatan fisik di Klungkung, Bali, harus ditiadakan, termasuk proyek padat karya yang biasanya melibatkan langsung masyarakat.

Tahun ini satu-satunya program padat karya di Klungkung harus ditunda, karena imbas dari rasionalisasi anggaran untuk penanggulangan Covid-19.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Klungkung I Gede Kusumajaya menjelaskan, sebelumnya tahun 2020 ini program padat karya rencananya dilaksanakan di Desa Sakti, Nusa Penida.

Proyek yang diprogramkan berupa pembangunan badan jalan ke destinasi wisata dengan anggaran sekitar Rp400 juta.

"Program ini rencananya digunakan untuk membuat badan jalan menuju destinasi wisata pantai di Desa Sakti. Ini hasil dari Bulati saat meninjau destinasi wisata di Desa Sakti beberapa waktu lalu," ujar Gede Kusumajaya, Rabu (1/7/2020).

Namun dengan kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, satu-satunya program padat karya yang direncanakan itu harus ditunda.

Hal ini karena anggaran padat karya juga terkena rasionalisasi untuk penanganan Covid-19.

"Situasinya seperti saat ini, mau tidak mau program ini juga harus ditunda. Semoga saja tahun 2021 nanti bisa diprogramkan lagi," jelasnya.

Pejabat asal Desa Selisiahan tersebut juga mengatakan, tahun ini di Klungkung tidak ada program padat karya yang sumber anggarannya dari Pemerintah Provinsi Bali.

Termasuk program fisik di desa pun dialihkan untuk fokus penanggulangan pandemi Covid-19.

"Usulan padat karya ke bupati itu biasanya memang cukup banyak setiap tahunnya. Yang banyak biasanya di Nusa Penida," jelasnya.

(*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved