Tindaklanjuti Laporan LPJU di By Pass Ida Bagus Mantra Rusak, DPRD Bali Lakukan Pengecekan

Komisi III DPRD Bali melakukan pengecekan Lampu Penerang Jalan Umum (LPJU) di By Pass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Klungkung

Dokumentasi DPRD Bali
Foto: Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bali melakukan pengecekan Lampu Penerang Jalan Umum (LPJU) di By Pass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Klungkung, Selasa (30/6/2020) 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bali melakukan pengecekan Lampu Penerang Jalan Umum (LPJU) di By Pass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Klungkung, Bali.

Pengecekan LPJU pada Selasa (30/6/2020) tersebut dilakukan atas adanya laporan dari masyarakat.

Ketua Komisi III DPRD Bali, I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi Wedasteraputri Suyasa mengatakan, Jalan By Pass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra mulai beroperasi pada 2011 dan kurang lebih selama delapan tahun LPJU tanpa adanya pemeliharaan.

"Ya sejak di bangun memang tidak ada pemeliharaan. Karena ini kan kewenangan pusat, Kementrian PUPR," kata Diah Werdhi dalam keterangan tertulisnya yang diterima Tribun Bali, Rabu (1/7/2020).

Jenazah Warga di Klungkung Ini Harus di Swab Walaupun Sudah Meninggal

125 Paket Sembako Dibagikan Kepada Veteran di Denpasar

Film Korea Selatan ‘#Alive’ Raih 1 Juta Penonton, Dibintangi Oleh Yoo Ah In dan Park Shin Hye

Baru pada 28 Agustus 2018 LPJU tersebut diserahterimakan oleh Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Metropolitan Denpasar kepada Bali Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII Provinsi Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Baru sejak diserahkan ke BPTD pada 2018 baru di cek kerusakan-kerusakannya. Ternyata jaringan, kabel dan lampu rusak. Dari 2018 sampai 2020 sudah bertahap diperbaiki," jelasnya.

"Sekarang tinggal lampu aja diganti dengan LED (Light Emitting Diode) agar lebih hemat dan lebih tahan lama. Sebelumnya menggunakan lampu mercury yang cepat korsleting," imbuh politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bali itu.

Sejak diserahterimakan sampai dengan tahun 2020, BPTD telah berhasil memperbaiki 192 titik dari 1.045 titik LPJU dan 853 titik belum tertangani.

"BPTD sudah mengusulkan di anggaran perubahan 2020 sebanyak Rp 13,5 miliar untuk 153 titik di persimpangan prioritas dan 700 titik sepanjang ruas jalan," kata dia.

Diah Werdhi mengatakan, pihaknya di Komisi III DPRD Bali bakal segera memberikan rekomendasi ke pemerintah pusat terkait dengan pengusulan perbaikan lampu LED dan juga akan berkoordinasi ke Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah VIII Surabaya terkait pohon perindang yang menghalangi lampu.

Untuk diketahui, Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra merupakan bantuan dari Australia dalam Eastern Indonesia National Roads Improvement Projects (EINRIP).

Pembangunan jalan tersebut dibagi dalam dua tahap, pertama mulai tahun 2008 sampai 2010 dari simpang Ketewel-simpang Siyut sepanjang 10,55 kilometer dengan kode proyek EBL-001.

Kemudian yang kedua dengan kode proyek EBL-002 dimulai dari simpang Pantai Siyut hingga simpang Kusamba sepanjang 8,6 kilometer dari 2009-2011.(*).

Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved