Breaking News:

Upacara Homa Tirta Pengelukatan Suda Mala Saat Banyu Pinaruh di Denpasar, Umat Diimbau Tak ke Pantai

Saat Banyu Pinaruh yang dirayakan pada Minggu (5/7/2020) mendatang, Pemkot Denpasar dan MMDA melaksanakan Homa Tirta Pengelukatan Suda Mala

Penulis: Putu Supartika | Editor: Irma Budiarti
TRIBUN BALI/ I PUTU SUPARTIKA
Panglukatan Agung Banyu Pinaruh di Pantai Mertasari Sanur Denpasar, Minggu (8/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Saat Banyu Pinaruh yang dirayakan pada Minggu (5/7/2020) mendatang, Pemkot Denpasar bekerjasama dengan Majelas Madya Desa Adat Kota Denpasar akan melaksanakan Homa Tirta Pengelukatan Suda Mala.

Acara ini digelar di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar.

Namun dikarenakan pandemi Covid-19, pelaksanaan kegiatan tetap mengacu pada penerapan protokol kesehatan masyarakat saat beribadah.

Sehingga, jumlah masyarakat dibatasi untuk melaksanakan pengelukatan di pantai, danau, sungai atau sumber air lainnya.

Ketua Majelis Madya Desa Adat Kota Denpasar, AA Ketut Sudiana saat diwawancarai, Kamis (30/7/2020), mangatakan Banyu Pinaruh yang dilaksanakan sehari setelah Saraswati ini identik dengan pembersihan diri.

Namun demikian, mengingat situasai saat ini sedang masa penanganan dan pencegahan penularan Covid-19 termasuk di Kota Denpasar, maka diimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan pembersihan atau pengelukatan dari rumah masing-masing.

Hal ini mengacu pada SE Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2020, dimana pelaksanaanya difokuskan pada makna dan nilai dalam upakara, sehingga jumlah masyarakat dibatasi dengan menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat.

Sudiana juga menjelaskan rangkaian upakara pengelukatan Banyu Pinaruh di Kota Denpasar dilaksanakan dengan konsep segara lan gunung.

Pagi harinya akan dilaksanakan upacara Hotma Pamlehpeh lan Peneduh Jagat di Pura Pengubengan, Besakih, yang diempon oleh Pemkot Denpasar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved