Breaking News:

Sponsored Content

Sumbangsih Presiden RI ke-5 Megawati, Giri Prasta Pimpin Penanaman Cemara Udang di Pantai Samigita

Pemkab Badung melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) secara bertahap melakukan penanaman 2000 Pohon Cemara Udang

Pemkab Badung
Bupati Giri Prasta saat menanam Pohon Cemara Udang secara simbolis bersama Wabup Suiasa, Sekda Adi Arnawa dan Anggota DPRD Kabupaten Badung dari Dapil Kuta di Pantai Seminyak, Jumat (3/7/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Keberadaan Pohon Cemara Udang di sepanjang pantai memiliki fungsi yang sangat strategis sebagai benteng pelindung dari abrasi dan tsunami.

Hutan Cemara Udang juga menjadi tempat berkembangnya satwa yang sangat peka dengan tanda-tanda terjadinya tsunami, sehingga dapat memberi isyarat kepada masyarakat akan datangnya tsunami.

Mengingat sedemikian pentingnya fungsi dari pohon tersebut, Pemkab Badung melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) secara bertahap melakukan penanaman 2000 Pohon Cemara Udang.

Pohon itu pun merupakan sumbangsih Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri di sepanjang Pantai Seminyak, Legian dan Kuta (Samigita), yang merupakan ikon pariwisata Kabupaten Badung.

Bahkan dalam penanaman pohon itu, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta secara langsung memimpin penanaman 35 pohon secara simbolis bersama Wabup I Ketut Suiasa, Sekda I Wayan Adi Arnawa, Anggota DPRD Kabupaten Badung dari Dapil Kuta diantaranya AA Anom Gumanti, Nyoman Graha Wicaksana, Yunita Oktarini, Luh Gede Sri Mediastuti dan IGN Sudiarsa serta dihadiri oleh Camat Kuta I Nyoman Rudiarta dan para Lurah se-Kecamatan Kuta, bertempat di Pantai Seminyak, Badung, Bali, Jumat (3/7/2020).

Dalam sambutannya, Bupati Giri Prasta menyampaikan kegiatan penanaman pohon di pinggir pantai merupakan wujud konsep segara kertih yaitu pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat pesisir.

Dimana Pohon Cemara Udang mempunyai banyak manfaat, selain manfaat ekologis, Cemara juga memiliki manfaat sebagai sarana pelengkap upakara Agama Hindu.

“Hari ini kami mewakili masyarakat Badung menyampaikan terima kasih kepada Presiden RI ke-5, Ibu Megawati Soekarnoputri karena sudah menyumbangkan 2.000 Pohon Cemara Udang bagi masyarakat Badung. Ini merupakan bukti bahwasanya Ibu Megawati sangat memperhatikan Bali dan Badung pada khususnya. Kami berharap partisipasi masyarakat sekitar untuk merawat keberadaan pohon ini dengan baik,” ujar Bupati Badung

Giri Prasta menyebutkan, Pohon Cemara Udang merupakan tanaman dengan banyak manfaat.

Daun Cemara Udang tertiup angin akan mengeluarkan suara yang indah layaknya suara sunari.

Halaman
12
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved