Breaking News:

Corona di Bali

Upacara Homa Pengenduh Jagat di Gianyar, Berharap Pandemi Covid-19 Berakhir

Bertepatan dengan Hari Banyu Piaruh, Catur Brahmana Siwa dan Bhuda menggelar upacara Homa Pengenduh Jagat di Taman Prakerti Bhuana Gianyar

Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
Catur Brahmana Siwa dan Bhuda menggelar upacara Homa Pengenduh Jagat di Taman Prakerti Bhuana (TPB), Kelurahan Beng, Gianyar, Minggu (5/7/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR – Bertepatan dengan Hari Banyu Piaruh, Catur Brahmana Siwa dan Bhuda menggelar upacara Homa Pengenduh Jagat di Taman Prakerti Bhuana (TPB), Kelurahan Beng, Gianyar, Bali, Minggu (5/7/2020).

Upacara ini dilakukan supaya pandemi Covid-19 di Bumi segera berakhir.

Upacara tersebut berjalan khidmat, dimana dalam pelaksaan upacara yang mengambil tingkat pedudusan alit, tawur dan menawa ratna ini, juga diawasi oleh Satgas Gotong Royong Des Adat Beng.

Sementara, jumlah pengayah atau masyarakat yang membantu jalannya upacara, dibatasi tidak lebih dari 25 orang.

Juga diterapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan serta jaga jarak.

Ida Pedanda Jelantik Wayahan Dauh dari Griya Prapitamaha Manuaba Siangan mengatakan, secara historis upacara ini belum pernah dilakukan.

Namun berdasarkan literatur sastra, upacara ini memang dibenarkan untuk dilakukan ketika Bumi mengalami sasab merana dan gering tetumpur.

Yuridis formal yang mendukung upacara ini, di antaranya lontar Roga Senggara Gumi dan Widhi Sastra saking Niti Dhang Hyang Dwijendra.

“Dharmaning agama dan dharmaning negara harus seimbang. Dharmaning agama, sulinggih melakukan pemujaan pada Ida Sang Hyang Widhi, supaya virus ini kembali ke alamnya, dan tidak mengganggu ketenteraman umat manusia. Sementara dharmaning negara, sulinggih berharap pemerintah terus mengoptimalkan pencegahan dan merawat yang sakit, dan berusaha supaya sembuh,” ujarnnya.

Ida juga meminta supaya masyarakat mengikuti semua protokol kesehatan, dan rajin bersembahyang agar situasi cepat pulih.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved