Breaking News:

Corona di Bali

Upacara Pemahayu Jagat di Pura Besakih, Mohon Restu Penerapan Tatanan Kehidupan Bali Era Baru

Pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Provinsi Bali menggelar upacara pemahayu jagat untuk mohon restu penerapan protokol kehidupan era baru Bali

Tribun Bali/Rizal Fanany
Gubernur Bali I Wayan Koster beserta jajaran pemerintahan Provinsi Bali menggelar Upacara Yadnya Pemahayu Jagat di Pura Penataran Agung Besakih, Karangasem, Bali, Minggu (5/7/2020). Persembahyangan ini digelar untuk memohon berkah pada Tuhan Yang Esa terkait penerapan tatanan kehidupan era baru masyarakat Bali yang produktif dan aman. 

TRIBUN-BALI.COM, KARANGASEM - Pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Provinsi Bali menggelar upacara pemahayu jagat untuk mohon restu penerapan protokol tatanan kehidupan Bali era baru, Minggu (5/7/2020) pagi.

Upacara dilaksanakan di Pura Penataraan Agung Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali.

Bandesa Adat Besakih Jro Mangku Widiarta menjelaskan, ritual pemahayu jagat digelar untuk mohon restu dan mengucapkan terima kasih kepada Ida Shang Hyang Widhi dan Ida Bhatara yang berstana di Pura Besakih.

Harapannya agar Covid-19 segera sirna saat menyambut tatanan baru.

"Prosesi ritual pemayun jagat sudah digelar sejak pukul 09.00 Wita. Sulinggih yang muput sebanyak 3 orang. Sedangkan untuk pemuspaan dimulai pukul 10.15 Wita. Semoga Covid-19 segera sirna dari Nusantara," imbuh Jro Mngku Widiarta, Minggu (5/7/2020).

Ketua Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali Ida Panglingsir Agung Putra Sukehat menambahkan, ritual pemahayu jagat merupakan sarana memohon restu ke Ida Shang Hyang Widhi.

Memohon perlindungan agar penerapan tatanan kehidupan normal berjalan lancar dan dalam dilindunginya.

Ditambahkan, MDA Bali juga telah mengimbau seluruh umat Hindu di Bali untuk tetap mengggelar pemuspaan di soang-soang desa, banjar dan rumah masing-masing.

Sedangkan untuk umat lain, semua agama tergabung di Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menggelar doa bersama.

Gubernur Bali I Wayan Koster beserta jajaran pemerintahan Provinsi Bali menggelar Upacara Yadnya Pamahayu Jagat di Pura Penataran Agung Besakih, Karangasem, Bali, Minggu (5/7/2020). Persembahyangan ini digelar untuk memohon berkah pada Tuhan Yang Esa terkait penerapan tatanan kehidupan era baru masyarakat Bali yang produktif dan aman.
Gubernur Bali I Wayan Koster beserta jajaran pemerintahan Provinsi Bali menggelar Upacara Yadnya Pemahayu Jagat di Pura Penataran Agung Besakih, Karangasem, Bali, Minggu (5/7/2020). Persembahyangan ini digelar untuk memohon berkah pada Tuhan Yang Esa terkait penerapan tatanan kehidupan era baru masyarakat Bali yang produktif dan aman. (Tribun Bali/Rizal Fanany)

"Untuk umat lain, agama yang tergabung dalam FKUB Bali, juga gelar doa serentak dan sembahyang di tempat ibadah masing-masing. Semoga wabah Covid-19 segera sirna, sehingga aktivitas warga kemBali normal seperti dulu," harap Ketua MDA Provinsi Bali Ida Panglingsir Agung Sukehaat.

Halaman
1234
Penulis: Saiful Rohim
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved