Breaking News:

Corona di Bali

Pantau Kesiapan New Normal, Komisi III DPRD Bali Tinjau Terminal Mengwi

Komisi III bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali meninjau Terminal Mengwi, Badung, Bali, Selasa (7/7/2020).

Dokumentasi DPRD Bali
Foto: Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali meninjau Terminal Mengwi, Badung, Selasa (7/7/2020) 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA- Komisi III bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali meninjau Terminal Mengwi, Badung, Bali, Selasa (7/7/2020).

Peninjauan dilakukan guna melihat kesiapan terminal terbesar di Bali tersebut dalam pengawasan pelaku perjalanan darat serta penerapan protokol kesehatan.

“Poin penting yang pertama dari pantauan kami ini adalah kesiapan pihak pengelola terminal dalam menerapkan protokol kesehatan menjelang new normal,” kata Ketua Komisi III DPRD Bali, I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi Wedasteraputri Suyasa.

Diah Werdhi menuturkan, dalam kunjungannya tersebut Kepala Terminal Mengwi, Putu Mudita menyatakan, telah siap menerapkan protokol kesehatan menuju tatatan kehidupan era baru.

Resmi Buka Blokir, Tayangan Video Streaming Netflix Bisa Diakses di Telkom IndiHome dan Telkomsel

Wagub Cok Ace Berharap Wisatawan India Tertarik Lagi Datang ke Bali

7 Manfaat Tak Terduga dari Buah Durian, Membuat Kulit Halus hingga Mengontrol Tekanan Darah

“Secara umum, untuk kesiapan new normal sudah baik. Sesuai protokol kesehatan. Hanya saja, kami belum bisa melihat secara langsung penerapannya. Misalnya pada saat penumpang antre beli tiket dan sebagainya. Karena kebetulan tadi penumpangnya sepi,” jelasnya.

Ia menilai bahwa sangat penting adanya penguatan posisi Terminal Mengwi sebagai pusat aktivitas transportasi umum untuk jalur darat sehingga seluruh moda transportasi umum khususnya bus bisa difokuskan pada satu titik.

“Nanti tidak ada lagi kendaraan besar yang masuk ke jalan kota," Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

"Di saat yang sama kami juga mendorong adanya tindakan tegas dari pihak Kepolisian terhadap oknum sopir-sopir nakal yang sembarangan menurunkan dan menaikkan penumpang. Terlebih menjelang New Normal, penumpang-penumpang yang turun wajib menjalani rapid test di terminal untuk memutus rantai penyebaran Covid-19," tegasnya.

Di sisi lain, pihaknya menilai bahwa pemanfaatan terminal sampai saat ini masih kurang maksimal.

"Sangat disayangkan, terminal yang sangat luas dengan bangunan yang sudah tertata rapi, kalau tidak dikelola maksimal. Saat ini (terminal itu) dikelola Balai Pengelola Transportasi Darat, perwakilan pusat,” kata dia

Oleh karena itu, pihaknya mendorong agar pengelolaan bisa sejalan dengan konsep yang dicanangkan oleh Gubernur Bali yakni “One Island, One Management” dibidang perhubungan.

“Kami akan segera koordinasikan dan membahas ini dengan Dinas Perhubungan di tingkat kabupaten/kota untuk memecahkan solusi dalam mengatasi beberapa persoalan di bidang perhubungan. Sekaligus mendorong Terminal Mengwi sebagai pusat aktivitas transportasi umum jalur darat di Bali,” tambahnya. (*).

Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved