Breaking News:

Berita Banyuwangi

Kepincut Arsitektur Pendopo, Menteri Edhy Prabowo Akan Buat Event di Banyuwangi

Edhy Prabowo menyempatkan diri singgah di pendopo kabupaten yang telah direvitalisasi dengan konsep bangunan hijau (green building)

Surya/Haorrahman
Edhy Prabowo menyempatkan diri singgah di pendopo kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo melakukan kunjungan kerja di Banyuwangi, Jawa Timur, selama dua hari, Kamis-Jumat (9-10/7/2020). 

Selain mengunjungi pabrik pengolahan sidat hingga panen komoditas perikanan berorientasi ekspor tersebut, Edhy Prabowo juga menyempatkan diri singgah di pendopo kabupaten yang telah direvitalisasi dengan konsep bangunan hijau (green building) dengan arsitek Adi Purnomo.

Disambut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Edhy Prabowo dan jajaran berkeliling melihat arsitektur rumah pendopo kabupaten yang telah berusia hampir 250 tahun tersebut.

“Bagus banget. Bangunan lawas peninggalan budaya yang tetap dirawat dan dijaga dengan baik. Sehingga bisa dinikmati oleh anak-anak muda daerah. Pendopo ini harus tetap diperhankan,” kata Edhy Prabowo.

Di halaman belakang pendopo, pengunjung akan menemukan gundukan tanah menyerupai bunker yang beratapkan rerumputan hijau.

Ternyata di bawah bunker tersebut, terdapat deretan kamar (guest house) dan kantor.

Duta besar Amerika Serikat, para menteri, dan tokoh-tokoh nasional pernah singgah di guest house tersebut.

“Ini keren, interiornya cantik. Kayu-kayunya melengkapi keindahannya,” ujar Edhy Prabowo mengomentari karya para perajin kayu yang semuanya berasal dari Banyuwangi.

Di sisi timur pendopo, terdapat rumah khas Suku Osing yang merupakan masyarakat asli Banyuwangi.

Di belakangnya, terdapat sumur berusia ratusan tahun yang menjadi bagian legenda Banyuwangi.

Halaman
12
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved