Breaking News:

Pemasaran Produk IKM di Bali Didorong Gunakan Platform Digital, Soroti Soal Kepercayaan Konsumen

"Seluruh Dekranasda yang ada di kabupaten dan kota se-Bali dapat secara aktif mendorong para IKM binaannya untuk mampu menggencarkan platform digital

Dokumentasi Pemprov Bali
Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Provinsi Bali, Ni Luh Putu Putri Suastini saat menjadi keynote speaker dalam acara webinar 'Digitalisasi Pasar IKM Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru' secara daring dari Denpasar pada Senin (27/7/2020) 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Di masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), banyak Industri Kecil Menengah (IKM) di Bali yang mengalami penurunan pendapatan maupun produksi, baik dari industri fashion maupun perhiasan, termasuk karya seni murni seperti para pelukis yang tidak bisa mengikuti pameran.

Untuk itu, dalam mengahadapi persaingan di masa pandemi ini, para pengelola IKM dituntut untuk mampu mengandalkan platform digital dalam memasarkan hasil produksi sehingga dapat terus berkembang dan berproduksi.

"Seluruh Dekranasda yang ada di kabupaten dan kota se-Bali dapat secara aktif mendorong para IKM binaannya untuk mampu menggencarkan platform digital dalam pemasaran hasil produksinya," pinta Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Provinsi Bali, Ni Luh Putu Putri Suastini saat acara webinar 'Digitalisasi Pasar IKM Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru' secara daring dari Denpasar pada Senin (27/7/2020).

Kisah Puspawati Dirikan Yayasan Sehati Bali, Buat Anak Bisa Makan Sendiri Seperti Menamatkan Sarjana

Komunitas Moge Daywalker HD Group Bagikan Ratusan Paket New Normal di Pasar Pancasari

Keberatan Tanah Teba Disertifikasi Desa, Sejumlah Krama Jero Kuta Pejeng Terancam Sanksi Adat

Di samping itu, ia juga menyampaikan bahwa salah satu yang harus dijaga para IKM dalam promosi di dunia digital adalah kualitas produk.

Menurutnya, ketika costumer membeli produk yang fotonya dilihat bagus di media online, namun saat produknya datang kualitasnya tidak memuaskan dan tidak sesuai dengan foto yang dipajang, tentu akan sangat mengecewakan konsumen.

Sehubungan dengan itu, untuk menjaga kepercayaan masyarakat, menjadi sangat bagi para pengelola IKM untuk mampu bersikap jujur dalam upapa mempromosikan produknya lewat media digital.

"Jadi saya minta, para IKM Bali mampu menyampaikan yang sebenarnya, serta tetap dapat mempertahankan kualitas produksi, sehingga akan semakin banyak costumer yang percaya dengan produk tersebut. Dengan demikian, setiap IKM dipastikan akan menjadi semakin maju dan berkembang," ujar pendamping orang nomor satu di Bali itu.

Selanjutnya, seraya membuka acara webinar, Putri Suastini berharap kegiatan tersebut dapat diikuti dengan baik oleh seluruh anggota Dekranasda kabupaten/kota dan para peserta webinar lainnya.

Bali United Gelar Tes Swab Tertutup di Legian, Leonard Tupamahu: Lumayan Perih di Hidung

NPK Pelangi Pupuk Kaltim Tingkatkan Produktivitas Kubis Petani Bangli

Kesembuhan Pasien Covid-19 di Denpasar Sebesar 77.64 persen, Kasus Positif Bertambah 23 Orang

Harapannya ilmu yang diperoleh dapat diformulasikan dengan baik untuk mengaplikasikan pada pemasaran produk-produk lokal Bali.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved