Breaking News:

Usai Jalani Salat Id di Rumah, Pangdam IX/Udayana Berkurban di Masjid Agung Sudirman

Usai Jalani Salat Id di Rumah, Pangdam IX/Udayana Berkurban di Masjid Agung Sudirman

Tribun Bali/Adrian Amurwonegoro
Usai Jalani Salat Id di Rumah, Pangdam IX/Udayana Berkurban di Masjid Agung Sudirman 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Iduladha 1441 Hijriyah ini dilalui berbeda oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara, karena masih dalam masa pandemi covid-19, orang nomor satu di jajaran TNI Kodam IX/Udayan itu harus menunaikan salat id di rumah dinasnya.

Usai melaksanakan salat id, Pangdam bersama keluarga menuju Masjid Agung Sudirman untuk menyerahkan hewan kurban kepada Panitia Kurban didampingi oleh Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, para Asisten Kasdam IX/Udayana dan Dan/Kabalakdam IX/Udayana.

Hal ini disampaikan oleh Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., saat turut hadir dalam acara penyerahan hewan kurban di Masjid Agung Sudirman, Denpasar, pada Jumat (31/7/2020).

"Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara bersama keluarga melaksanakan kegiatan Sholat Idul Adha di kediaman Pangdam sesuai dengan anjuran pemerintah yaitu berpedoman pada protokol kesehatan, demikian juga dilaksanakan oleh para Pejabat dan keluarga besar Kodam IX/Udayana lainnya," ungkapnya kepada Tribun Bali.

Dijelaskannya, Hari Raya Iduladha yang jatuh tiap tanggal 10 Dzulhijjah merupakan waktu di mana seluruh umat Muslim memperingatinya drngan menyembelih hewan kurban/ternak untuk dibagikan kepada fakir miskin dan orang tidak mampu.

Acara diawali dengan laporan Ketua Panitia Ibadah Kurban Masjid Agung Sudirman, Mayor Inf H. Nur Hidayat, S.Ag., tentang kesiapan pelaksanaan Ibadah Kurban dimana penerimaan hewan kurban selama tiga hari mulai tanggal 28 sampai dengan 30 Juli 2020 sebanyak 8 ekor sapi dan 36 ekor kambing.

Hewan kurban secara simbolis diserahkan secara langsung oleh Pangdam IX/Udayana, Kasdam IX/Udayana dan Danrem 163/WSA serta diakhiri dengan penyembelihan hewan kurban dengan doa dipimpin oleh H.Mahsun Alifi.

Hewan kurban yang telah diterima panitia disembelih pada hari Jumat (31/7/2020) dan Sabtu (1/8/2020), selanjutnya akan dibagikan sebanyak 1.300 kantong daging serta menyerahkan hewan kurban yang masih hidup ke yayasan/panti asuhan. (*)

Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved