Breaking News:

Idul Adha Tahun 2020

Wujud Kerukunan dan Toleransi, Masjid Al-Hikmah Bagikan Daging Kurban ke Muslim dan Non-Muslim

Panitia kurban Masjid Al-Hikmah mengadakan penyembelihan hewan kurban dalam rangka memperingati hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah

Tribun Bali/M.Firdian Sani
Suasana penyembelihan hewan kurban di lingkungan Masjid Al-Hikmah 

Laporan Wartawan Tribun Bali, M. Firdian Sani

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Panitia kurban Masjid Al-Hikmah mengadakan penyembelihan hewan kurban dalam rangka memperingati hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, di lingkungan Masjid Al-Hikmah, Jalan Soka, Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur, Bali, Sabtu (1/8/2020).

Menariknya adalah daging kurban akan dibagikan ke para warga Kertalangu sebanyak 1.500 bungkus, baik ke warga muslim ataupun non-muslim.

"Jadi pada tahun ini kita menyembelih 30 ekor kambing dan 4 ekor sapi yang akan kita bagikan ke warga Kertalangu baik muslim maupun non-muslim. Kita melakukan ini sudah turun temurun, jadi ini sebagai wujud kerukunan dan toleransi," kata Ketua Takmir Masjid Al-Hikmah, HM Suwarno SH.

Suwarno menuturkan, pelaksanaan ini adalah bentuk kerukunan yang nyata antar umat beragama.

BREAKING NEWS- Nahas, Ahmad Sofyan Tabrak Pecahan Beton Hingga Tergilas Ban Truk Tronton di Jembrana

Cukup Pakai Panci Biasa, 3 Resep Kue Kukus ala Jepang yang Bisa Dibuat di Rumah

Aroma, Warna hingga Tekstur, Cara Mudah Membedakan Telur Segar dengan Telur Busuk

"Iya, kerukunan semestinya bukan hanya sebagai slogan atau diucapkan di bibir saja, tapi harus ada bentuk nyata seperti yang kita lakukan pada hari ini," ucapnya.

Nantinya daging-daging kurban ini akan langsung dibagikan hari ini oleh panitia kurban.

"Nanti didistribusikan ke semua, mulai dari tokoh masyarakat, kelian, kepala desa dan para warga desa," paparnya.

Di masa pandemi ini, Panitia Kurban Masjid Al-Hikmah dikurangi jumlahnya dari jumlah biasanya untuk mengurangi risiko penularan Covid-19.

"Tahun lalu jumlah panitianya itu 100 orang lebih, karena sekarang masih pandemi kita kurangi panitia menjadi 60 orang saja. Mereka juga sudah menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker, cuci tangan, dan tempat pemotongan dibuat berjarak," jelasnya.

Suwarno berharap penyembelihan hewan kurban ini dapat memberikan impact kepada seluruh warga, khususnya kaum muslim,  untuk mau berkurban sebagai bentuk empati ke sesama umat.

"Kalau kita berpikir, banyak orang yang belum tentu bisa membeli daging dalam waktu setahun, jadi diharapkan juga dengan dibagikan daging ini ke warga Desa Kesiman, ini bisa mempererat tali persaudaraan antara muslim dan non-muslim," tuturnya. (*).

Penulis: M. Firdian Sani
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved