Breaking News:

Pererat Tali Silaturahmi, Warga dan Jemaah Masjid Al-Hikmah Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

Gotong-royong ini dilaksanakan untuk mempererat tali silaturahmi antarawarga muslim jemaah masjid dengan masyarakat sekitarnya mayoritas non-muslim

Tribun Bali/Sunarko
GOTONG ROYONG - Sejumlah warga dan jemaah masjid Al-Hikmah berbaur untuk gotong royong membersihkan lingkungan wilayah sekitar Banjar Kertalangu, Kesiman, Denpasar Timur, Bali, Minggu (2/8/2020) pagi. 

LaporanWartawanTribun Bali, M. Firdian Sani

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Puluhan jemaah Masjid Al-Hikmah bersama warga sekitar bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar masjid dan badan jalan di Kawasan Jalan Soka, Banjar Kertalangu, Kesiman, Denpasar Timur, Bali, Minggu (2/8/2020) pagi.

Ketua Takmir Masjid Al-Hikmah, HM Suwarno SH mengatakan, merupakan kegiatan rutin untuk kebersihan lingkungan dan memperingati Idul Adha serta menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-75.

Gotong-royong ini dilaksanakan untuk mempererat tali silaturahmi antarawarga muslim jemaah masjid dengan masyarakat sekitarnya yang mayoritas non-muslim.

GOTONG ROYONG - Sejumlah warga dan jemaah Masjid Al-Hikmah berbaur untuk gotong royong membersihkan lingkungan wilayah sekitar Banjar Kertalangu, Kesiman, Denpasar Timur, Bali, Minggu (2/8/2020) pagi.
GOTONG ROYONG - Sejumlah warga dan jemaah Masjid Al-Hikmah berbaur untuk gotong royong membersihkan lingkungan wilayah sekitar Banjar Kertalangu, Kesiman, Denpasar Timur, Bali, Minggu (2/8/2020) pagi. (Tribun Bali/Sunarko)

Libur Idul Adha Warga Bali Padati Pantai Sanur Bertepatan Gelombang Pertama Wisnus

"Di tahun 2019 kita sudah sering melakukan bersih-bersih seperti ini, dan tahun ini karena pandemi kita baru melakukannya 2 kali. Pertama pada 15 Maret lalu, dan kedua hari ini. Kami para jemaah bersama-sama warga sekitar bersih-bersih bareng, supaya kita juga kenal dan bertegur sapa," ucapnya saat dihubungi Tribun Bali.

Suwarno mengungkapkan, kegiatan bareng yang positif seperti ini penting untuk dipertahankan, mengingat kerukunan umat beragama di Bali harus terus dirajut.

Wujud Kerukunan dan Toleransi, Masjid Al-Hikmah Bagikan Daging Kurban ke Muslim dan Non-Muslim

"Saya sangat senang, karena kita bisa mengenal satu sama lain. Warga setempat sekitar masjid juga antusias. Mereka bahkan meminta program ini dilakukan rutin setiap satu bulan sekali, dan kita akan mengupayakan itu," kata Suwarno.

Karena masih pandemi, kerja bakti hari ini melibatkan kurang lebih 50 orang. Terlihat ikut berpartisipasi Kelian Dusun Kertalangu AA Baron dan Kelian Tempekan, Pak Topan, beserta jajarannya.

GOTONG ROYONG - Sejumlah warga dan jemaah masjid Al-Hikmah berbaur untuk gotong royong membersihkan lingkungan wilayah sekitar Banjar Kertalangu, Kesiman, Denpasar Timur, Bali, Minggu (2/8/2020) pagi.
GOTONG ROYONG - Sejumlah warga dan jemaah masjid Al-Hikmah berbaur untuk gotong royong membersihkan lingkungan wilayah sekitar Banjar Kertalangu, Kesiman, Denpasar Timur, Bali, Minggu (2/8/2020) pagi. (Tribun Bali/Sunarko)

Usai Jalani Salat Id di Rumah, Pangdam IX/Udayana Berkurban di Masjid Agung Sudirman

"Pak Kelian Kertalangu mengucapkan terima kasih karena kami membuat program semacam ini. Pada gotong royong kebersihan 15 Maret lalu beliau juga ikut dan bahkan menyiapkan kendaraan pengangkut sampah," jelas Suwarno.

Sebelumnya, dalam rangka merayakan Idul Adha, Masjid Al-Hikmah telah melakukan penyembelihan hewan kurban, yang mana dagingnya sudah dibagikan ke para warga sekitar, baik muslim maupun non-muslim.

Tujuh Dokter Hewan Pantau Idul Adha di Bangli, Salat Ied di Masjid Agung

"Bagi kami, kerukunan dan toleransi harus diwujudkan secara nyata. Selain gotong-royong kebersihan lingkungan, daging kurban Idul Adha yang kami sembelih juga dibagikan kepada warga sekitar masjid yang non-muslim. Semoga ada program lain yang nanti bisa kami lakukan bareng-bareng juga," tuturSuwarno. (*)

Penulis: M. Firdian Sani
Editor: Kambali
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved