Breaking News:

Sponsored Content

Giri Prasta Tinjau Pemanfaatan Akses Free Wifi di Desa Adat Bindu, Apresiasi Penerapan Smart City

Giri Prasta menjelaskan berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, 1 KK di Kabupaten Badung dalam sebulan bisa menghabiskan biaya Rp 400 ribu hanya unt

Istimewa
Bupati Giri Prasta saat melakukan kunjungan ke Desa Adat Bindu, Desa Mekar Bhuana, Kecamatan Abiansemal, Kamis (6/8/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Dandim Badung I Made Alit Yudana, anggota DPRD Badung I Made Ponda Wirawan, Kadis Kominfo IGN Jaya Saputra, Kadisdikpora I Ketut Widia Astika, Kadis LHK Wayan Puja, Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Made Widiana, Kabag Humas Made Suardita dan Camat Abiansemal IB Mas Arimbawa melakukan kunjungan ke Desa Adat Bindu, Desa Mekar Bhuana, Kecamatan Abiansemal berkenaan dengan pemanfaatan akses free Wifi Kabupaten Badung "Menuju Desa Adat Bindu Mandiri" pada Kamis (6/8/2020).

Dalam kunjungannya, Bupati Giri Prasta menyampaikan penerapan smart city dalam sebuah kabupaten ibaratnya sebuah kehidupan berkeluarga.

Pemerintah diibaratkan sebagai orangtua, dan stakeholder lainnya sebagai anggota keluarganya.

Indikator sebuah keluarga yang sukses yaitu apabila orangtua sudah berhasil mendidik anak-anaknya sehingga orangtua cukup memberikan fasilitas pendukung, sementara anggota keluarga lainnya saling berkolaborasi memanfaatkan fasilitas tersebut agar efektif dan efisien, bahkan kalau bisa anggota keluarga lain ikut berkontribusi dalam memberikan nilai lebih terhadap keluarga.

"Hari ini saya menjawab berkenaan dengan smart city di Kabupaten Badung. Saya sangat mengapresiasi Desa Adat Bindu, Mekar Bhuana, Abiansemal dengan konsepnya “Bindu Experience” merupakan sebuah contoh nyata penerapan smart city yang sudah berada dalam level impact karena sudah melibatkan seluruh unsur dalam memanfaatkan dan mengoptimalkan sumber daya yang ada. Yang dalam kesempatan ini adalah memanfaatkan dan mengoptimalkan jaringan akses internet gratis dari Kabupaten Badung yang dilaksanakan oleh Diskominfo dengan manyasar 52 rumah warga desa adat," ujarnya.

Polresta Banyuwangi Libatkan Ibu-Ibu Canangkan Jawa Timur Bermasker

Ulang Tahun Terakhir di Masa Jabatan, Bupati Anas Makan Lesehan Bareng Warga

Kunci Eksistensi MIRACLE Clinic Bertahan Selama 24 Tahun di Industri Kecantikan Indonesia

Lebih jauh Giri Prasta menjelaskan berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, 1 KK di Kabupaten Badung dalam sebulan bisa menghabiskan biaya Rp 400 ribu hanya untuk kuota internet.

"Dalam sebulan 1 KK masyarakat kita bisa menghabiskan biaya Rp 400 ribu hanya untuk membeli kuota internet. Kalau dikalikan dengan jumlah KK yang ada, berarti dalam setahun masyarakat kita mengeluarkan biaya sekitar Rp 400 M untuk bisa mengakses internet."

"Sedangkan kita pemerintah daerah saja hanya mengeluarkan Rp 23 M setahun untuk penyediaan akses free Wifi yang meng-cover seluruh wilayah Kabupaten Badung dan itu pun sudah menggunakan jaringan fiber optik diatas 17 core. Untuk itulah kita ingin mendorong masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas yang sudah kita sediakan," tegasnya.

Menurut Bupati yang sudah diterapkan oleh Desa Adat Bindu di antaranya pemanfaatan akses wifi untuk siswa belajar online yang merupakan penerapan smart society (learning / pendidikan), pemanfaatan akses wifi untuk pengembangan UMKM  yang merupakan penerapan smart economy (industry), pemanfaatan akses wifi untuk pemantauan keamanan melalui CCTV yang merupakan penerapan smart society (security/keamanan) dan pengelolaan TPS 3R  yang merupakan penerapan smart environment (waste / sampah).

Y-Connect dan Beragam Kemudahan yang Ditawarkan

Komitmen OJK Tingkatkan Perbaikan Sesuai Laporan BPK RI

Butuh 1 Jam untuk Padamkan Api, Tidak Ada Korban Akibat Kebakaran di Pertokoan Kerobokan

"Dalam program pemberdayaan yang dilakukan oleh Desa Adat Bindu kita menerjunkan 4 OPD sekaligus. Ada Dinas Kominfo, Dinas Pendidikan, Dinas DLHK dan juga Dinas Koperasi yang semua kompak berkolaborasi dalam memberdayakan masyarakat, jadi dengan kita membantu semua kebutuhan dasar masyarakat, mereka akan bisa fokus berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Kita kabupaten Badung sudah bicara pada tataran indeks kebahagiaan, sekaligus kita menyiapkan SDM dan infrastruktur untuk menyambut era 5.0 yang sudah didengungkan oleh Presiden Jokowi," pungkasnya

Halaman
12
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved