Breaking News:

Hotel Bintang 1-5, Apa Bedanya?

Menginap di hotel berbintang menjadi hal yang tak terlupakan bagi sebagian besar masyarakat atau wisatawan ketika liburan.

kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM - Menginap di hotel berbintang menjadi hal yang tak terlupakan bagi sebagian besar masyarakat atau wisatawan ketika liburan.

Hal ini karena biasanya hotel berbintang memiliki fasilitas tak biasa seperti hotel kebanyakan.

Hotel berbintang di Indonesia memiliki tingkat klasifikasi mulai dari bintang satu sampai lima.

Sebuah hotel bisa dikatakan hotel berbintang apabila memenuhi standar yang telah ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pertimbangan ini dapat dilihat dari beberapa aspek seperti jumlah kamar, fasilitas, dan peralatan yang tersedia di hotel tersebut.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor PM 53/HM.001/MPEK/2013 Tentang Standar Usaha Hotel.

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran mengatakan, saat ini tidak ada lagi kriteria yang menyangkut minimal jumlah kamar dan luas ruangan di hotel berbintang.

Koalisi Golkar Nasdem Tabanan Pilih Panji-Budi, Masih Tunggu Rekomendasi Partai

10 Pasangan Zodiak Ini Sangat Cocok, Sagirius dan Aries Tahu Cara Bersenang-senang

Sulit Konsentrasi hingga Merasa Tak Berharga, Berikut Gejala Depresi yang Harus Diwaspadai

Menurutnya, hal yang menyangkut minimal jumlah kamar dan luas ruangan hotel berbintang sudah tak berlaku lagi. "Sudah gak ada lagi kriteria tersebut.

Itu kan diatur dalam Keputusan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor KM.3/HK.001/MKP.02 tentang Penggolongan Kelas Hotel. Sekarang sudah tak berlaku lagi, jadi mengikuti PerMen yang baru," jelas Maulana saat dihubungi Kompas.com, Selasa (4/8/2020).

Melihat buku panduan lampiran kriteria mutlak dan kriteria tidak mutlak standar usaha hotel bintang yang diberikan PHRI kepada Kompas.com, Selasa (4/8/2020), berikut isi kriterianya sesuai PerMen Nomor PM 53/HM.001/MPEK/2013 Tentang Standar Usaha Hotel

Halaman
1234
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved