Breaking News:

Konsisten Terapkan Prokes, WTCC Sematkan Stempel Safe Travels di 15 Bandara Angkasa Pura I

Angkasa Pura I (Persero) menyematkan stempel “Safe Travels” dari World Travel & Tourism Council (WTTC) di 15 bandara kelolaaannya

Istimewa
Foto kiriman Corporate Communication Angkasa Pura I (Persero). WTCC Sematkan Stempel Safe Travels di 15 Bandara Angkasa Pura I 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Angkasa Pura I (Persero) menyematkan stempel “Safe Travels” dari World Travel & Tourism Council (WTTC) di 15 bandara kelolaaannya.

Ini diperoleh setelah Angkasa Pura Airports mengirimkan protokol kesehatan bandara kepada lembaga tersebut dan telah dilakukan asesmen.

Penyematan stempel ini berguna untuk menunjukkan kepada masyarakat dan pemangku kepentingan pariwisata lainnya bahwa Angkasa Pura Airports konsisten menerapkan protokol kesehatan perusahaan terkait pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah sesuai dengan Protokol Safe Travels WTTC dan "ICAO Takeoff Guideline for Aviation".

Stempel dari WTTC ini digunakan pertama kali oleh pengelola bandara di Indonesia, Angkasa Pura Airports, pada masa adaptasi kebiasaan baru setelah berkoordinasi dengan WTTC mengenai penerapan protokol kesehatan perusahaan yang sesuai dengan Protokol Safe Travels dan "ICAO Takeoff Guideline for Aviation".

Selain Mengatasi Mual, Ini 4 Manfaat Lain Air Kelapa yang Bisa Didapat Ibu Hamil

Tak Semua Senyuman Berarti Positif, Senyum Bisa Menyebabkan Stres

5 Makanan Ini Dipercaya Bisa Mengatasi Tekanan Darah Tinggi, Susu Rendah Lemak hingga Pisang

“Stempel Safe Travels di bandara ini merupakan salah satu upaya Angkasa Pura Airports untuk meyakinkan publik bahwa melakukan perjalanan udara adalah hal yang aman dilakukan pada masa adaptasi kebiasaan baru dan minim risiko penularan virus karena penerapan protokol kesehatan yang ketat dan sesuai dengan standar internasional," ujar Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi, Sabtu (22/8/2020) melalui keterangannya.

Hal ini, lanjut Faik Fahmi, merupakan wujud komitmen nyata perusahaan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 melalui penerapan protokol kesehatan normal baru atau “new normal” yang efektif di 15 bandara dikelola.

Di tengah pandemi Covid-19 ini Angkasa Pura Airports selalu menerapkan standar pelayanan yang mendukung keamanan bagi seluruh petugas operasional dan pengguna jasa.

Petugas operasional Angkasa Pura Airports diwajibkan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti kacamata (goggles), pelindung wajah (face shield), masker, sarung tangan serta menyediakan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer di area-area terminal.

Selain itu, untuk menerapkan konsep jaga jarak atau physical distancing, Angkasa Pura Airports melakukan pengaturan jarak antrean minimal 1,5 meter pada area check-in counter, security checkpoint, imigrasi, boarding lounge, garbarata, area baggage claim serta area tunggu transportasi publik.

Pembersihan pada fasilitas-fasilitas yang biasa disentuh oleh pengguna jasa dilakukan secara berkala dengan menggunakan cairan disinfektan.

“Penggunaan teknologi juga dilakukan melalui Airport Operation Control Center (AOCC) yang berfungsi untuk mengendalikan dan memonitor operasional bandara secara realtime dan memastikan penerapan protokol normal baru diaplikasikan dengan efektif. Selain itu diterapkan juga online customer service, dan boarding pass scanner,” tutur Faik Fahmi.

WTTC merupakan organisasi yang memiliki komitmen dalam merealisasikan pertumbuhan industri pariwisata yang aman, inklusif, berkelanjutan bagi semua orang dan memberikan dampak positif terhadap alam, sosial budaya dan lingkungan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved