Breaking News:

Ditahbiskan Uskup Denpasar, Gereja Santa Maria Ratu Rosari Gianyar Jadi Pusat Spiritual Semua Umat

Ditahbiskan Uskup Denpasar, Gereja Santa Maria Ratu Rosari Gianyar Jadi Pusat Spiritual Semua Umat

Tribun Bali/Aloisius H. Manggol
Ditahbiskan Uskup Denpasar, Gereja Santa Maria Ratu Rosari Gianyar Jadi Pusat Spiritual Semua Umat 

TRIBUN-BALI.COM- Gereja Santa Maria Ratu Rosari Gianyar ditahbiskan oleh Uskup Denpasar, Mgr. DR. Silvester San, Pr, Sabtu (22/8/2020).

Gereja yang selesai dibangun tersebut akhirnya ditahbiskan sehingga menjadi rumah ibadat bagi umat Katolik di Kabupaten Gianyar dan yang datang dari berbagai daerah lainnya.

Setelah ditahbiskan, Gereja Katolik yang melayani dua kabupaten yakni Gianyar tersebut akan diresmikan oleh Bupati Gianyar dan akan dihadiri oleh Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Arta Ardhana Sukawati pada Minggu (23/8/2020).

Dalam arahannya, Uskup Denpasar mengatakan, Gereja adalah tempat tinggal Allah.

"Dengan pentahbisan Gereja Katolik Santa Maria Ratu Rosari ini umat di paroki Gianyar mengenal Yesus secara dekat. Tidak mengkhianati Yesus. Beriman tangguh dan berani bersaksi serta mewartawakan tentang Yesus di paroki Gianyar,” kata Uskup Silvester San dalam khotbahnya.

Uskup menegaskan, Yesus adalah tokoh besar. Ia dikenal orang banyak karena tampil di publik. “Dengan tampil di publik Yesus membuktikan sekaligus mengukur diri sejauh mana orang mengenalNya,” kata Uskup Silvester.

Pentahbisan gereja dimulai dengan pemberkatan gereja bagian luar oleh Uskup. Usai memberkati bagian luar gereja, Uskup mengetuk pintu gereja yang masih tertutup dengan tongkatnya sebagai simbol kepemilikan gereja oleh Uskup.

Setelah melewati tata perayaan sebagaimana mestinya, tibalah saatnya Uskup menahbiskan altar yang ditandai dengan penguburan relikwi, doa pemberkatan, dimana Uskup berdiri di belakang altar tanpa mengenaka mitra dan mengajak umat untuk berdoa.

Kemudian altar diurapi dengan minyak Krisna dan lilin pertama dipasang dan altar didupai oleh Uskup.

Usai pentahbisan altar, Uskup memberkati tabernakel, salib utama atau salib besar, pemberkatan mimbar sabda.

Halaman
12
Penulis: Uploader bali
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved