Breaking News:

Corona di Bali

Insan Pariwisata Makin Keteteran, Koster Minta Maaf Bali Belum Buka untuk Wisman September Nanti

Insan pariwisata Bali makin keteteran dengan mundurnya rencana membuka Pulau Dewata untuk wisatawan mancanegara (wisman).

Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Ady Sucipto
Tribun Bali/I Wayan Sui Suadnyana
Gubernur Bali Wayan Koster saat ditemui di rumah jabatannya, Denpasar, Bali, Kamis (25/6/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Insan pariwisata Bali makin keteteran dengan mundurnya rencana membuka Pulau Dewata untuk wisatawan mancanegara (wisman).

Gubernur Bali, I Wayan Koster, sudah memastikan Bali tak akan menerima wisman pada September 2020 ini karena pemerintah pusat belum membuka keran masuk bagi wisman hingga akhir tahun 2020.

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Bali, I Nyoman Astama, bisa memahami alasan pemerintah tidak membuka Bali dan Indonesia sampai akhir tahun. Namun di sisi lain, kondisi ini membuat insan pariwisata semakin terpukul.

“Kami dan seluruh insan pariwisata sudah sangat keteteran dengan kondisi saat ini. Dana perusahaan kian menipis, dan karyawan masih banyak yang dirumahkan,” kata Astama kepada Tribun Bali, Minggu (23/8/2020).

Ia mengakui banyak negara yang belum berani ambil resiko untuk memberikan warganya plesir ke luar negeri. Daerah yang terdampak cukup signfikan dari absennya wisman adalah daerah Kuta, Legian, Seminyak.

“Sebab banyak wisman dari Australia yang menetap di Kuta dan sekitarnya. Dan, Australia belum memperbolehkan warganya keluar sampai tahun depan.” tandasnya.

Astama memahami alasan pemerintah menunda pembukaan wisman ke Bali terkait perkembangan Covid-19 di Tanah Air.

Sebelumnya, Pemprov Bali rencananya akan membuka pariwisata Bali untuk wisman pada 11 September 2020.

Sejauh ini, insan pariwisata Bali sudah melakukan segala upaya untuk meyakinkan wisman mau datang ke Bali pada September nanti.

Bahkan sudah banyak melakukan promosi, khususnya kepada wisman asal Eropa.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved