Breaking News:

KEMBALI2020: Satukan Ubud Writers Festival dan Ubud Food Festival

Bali kini menghadapi tantangan terbesarnya karena pandemi global Covid-19 telah melumpuhkan industri pariwisata dan kreatif yang sedang berkembang.

Istimewa
Poster Kembali 2020 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Bali kini menghadapi tantangan terbesarnya karena pandemi global Covid-19 telah melumpuhkan industri pariwisata dan kreatif yang sedang berkembang.

Untuk menginspirasi, menstimulasi, menghubungkan kembali, dan merevitalisasi perekonomian dan masyarakat Bali, Yayasan Mudra Swari Saraswati sebuah yayasan nirlaba independen di Ubud, Bali meluncurkan Kembali 2020: A Rebuild Bali Festival Presented by ABC (KEMBALI20) yang dijadwalkan pada 29 Oktober hingga 8 November 2020.

Didirikan oleh Janet DeNeefe dan Ketut Suardana pada tahun 2004, Yayasan Mudra Swari Saraswati dimulai sebagai suatu sarana penyembuhan bagi kekacauan yang terjadi setelah tragedi Bom Bali pertama, bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan membantu masyarakat.

Thomas Tuchel Menyebut PSG Siap Menyambut Lionel Messi

31 Sekolah di Tabanan Rusak, Disdik Akui Sudah Usulkan Perbaikan Lewat DAK

Dokter di India Mengangkat Tumor Ovarium Terbesar di Dunia Seberat 54 Kg

Tujuan dari yayasan adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan kreatif Indonesia, baik individu dan masyarakatnya, sembari mempertunjukkan keanekaragaman budayanya ke hadapan dunia.

Hal tersebut diwujudkan melalui prakarsa-prakarsa utamanya, Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) dan Ubud Food Festival (UFF).

“UWRF dihadirkan untuk mendorong perekonomian dan memulihkan kembali masyarakat setelah efek menghancurkan akibat Bom Bali pertama,” kata Pendiri dan Direktur UWRF, Janet DeNeefe.

Kedua, festival yang dihadirkan Yayasan Mudra Swari Saraswati tersebut merupakan acara internasional yang besar dan begitu dinantikan, mempromosikan Ubud sebagai pusat seni dan budaya, sembari menampilkan seniman, penulis, chef, dan produsen Indonesia di panggung internasional.

Pembukaan Bali untuk Wisatawan Mancanegara Ditunda, Pemkab Badung Akan Lakukan Reborn Ekonomi

Cucu Meninggal Dalam Kandungan, Ketut Mahajaya: Buktinya Tidak Ada yang Cium Bau Busuk

Terdakwa Penipuan Sri Artini Divonis Bebas, JPU Ajukan Kasasi

Karena pandemi global, yayasan dengan terpaksa harus menunda kedua Festival tersebut, untuk pertama kalinya dalam 17 tahun.

Halaman
12
Penulis: Putu Supartika
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved