Breaking News:

Disperinaker Badung Bakal Genjot Pelatihan dan Uji Kompetensi Bagi Karyawan Sektor Pariwisata

Disperinaker Kabupaten Badung, Bali, bakal menggenjot kembali pelatihan dan uji kompetensi karyawan sektor pariwisata

Dokumen Pribadi
Kepala Disperinaker Badung Ida Bagus Oka Dirga. 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Dalam meningkatkan kompetensi para karyawan di sektor pariwisata pada bidang yang digeluti, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Badung, Bali, bakal menggenjot kembali pelatihan dan uji kompetensinya.

Pelatihan dan uji kompetensi ini untuk meningkatkan keterampilan agar para karyawan mengantongi sertifikat sehingga bisa bersaing dengan tenaga kerja dari luar daerah bahkan luar negeri sekalipun.

Kadis Perinakaer Badung Ida Bagus Oka Dirga saat dikonfirmasi tak menampik hal tersebut.

Ia mengatakan peningkatan kompentensi merupakan arahan kebijakan pimpinan.

"Jadi pada anggaran perubahan tahun 2020 ini kami kembali akan mengoptimalkan kegiatan uji kompetensi kepada karyawan di sektor pariwisata. Program ini menjadi salah satu prioritas," katanya, Minggu (30/8/2020).

Menurutnya, anggaran untuk kegiatan uji kompetensi sendiri sudah disiapkan.

Bahkan sesuai RAPBD Perubahan Tahun Anggaran 2020 yang disetujui dan ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPRD Badung, Selasa (25/8/2020), sub bidang ketenagakerjaan yang meliputi di antaranya meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja dialokasikan anggaran sebesar Rp 1.182.714.647,43.

Lanjut Oka Dirga, anggaran tersebut di antaranya untuk melaksanakan kegiatan uji kompetensi kepada karyawan di sektor pariwisata, pemagangan tenaga kerja ke luar negeri, pelayanan informasi pasar kerja, pembinaan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dan verifikasi perijinan.

"Jadi anggaran sekitar Rp 1,1 miliar itu tidak hanya untuk melaksanakan uji kompetensi karyawan di sektor pariwisata saja, melainkan juga untuk program-program lainnya," terangnya.

Sejauh ini, imbuh birokrat asal Desa Taman, Kecamatan Abiansemal itu, dari sekitar 71 ribu karyawan di sektor pariwisata yang tercatat, sekitar 39 ribu sudah tersertifikasi.

Halaman
12
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved