Breaking News:

Corona di Bali

Inovasi di Tengah Pandemi, STMIK Primakara Ciptakan Automatic Inspection Gate

Inovasi di Tengah Pandemi, STMIK Primakara Ciptakan Automatic Inspection Gate yang Miliki Empat Fungsi Sekaligus

Dokumentasi STMIK Primakara
Foto: Primakara Automatic Inspection Gate yang dipasang di dipasang di Kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VIII. 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Primakara justru melahirkan berbagai inovasi.

Setelah beberapa bulan lalu berhasil mengembangkan gate penyemprotan disinfektan otomatis, dua bulan belakangan ini kampus yang beralamat di Jalan Tukad Badung Nomor 135 Denpasar, Bali itu mengembangkan prototype Primakara Automatic Inspection Gate yang memiliki empat fungsi sekaligus.

Alat ini diciptakan oleh dua orang dosen STMIK Primakara, yakni Made Adi Paramartha Putra, I Putu Satwika dan mahasiswa Jurusan Sistem Informasi, I Ketut Agus Juliana melalui Pusat Inovasi Primakara.

Adi Paramartha mengatakan, empat fungsi yang dimiliki alat yakni sebagai pengecekan suhu tubuh, deteksi penggunaan masker, hand sanitizer otomatis dan check-in/check-out untuk mendapatkan data orang yang memasuki gedung.

4 Hal Ini Kemungkinan Jadi Penyebab Sariawan, Diantaranya Luka Pada Mulut

Nasib Pemain Naturalisasi Stefano Lilipaly di Bali United Makin Tak Menentu, Kontrak Segera Habis

Jarang Diketahui, Jus Kentang Ternyata Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Dengan adanya pendataan orang yang memasuki suatu gedung maka kapasitasnya dapat dikontrol sehingga tidak melebihi ketentuan.

"Empat fungsi tersebut yang biasa diberlakukan di banyak fasilitas umum, namun dilakukan secara manual dengan bantuan seorang petugas," tuturnya dalam siaran pers-nya yang diterima Tribun Bali, Senin (31/8/2020).

Dirinya menuturkan, Primakara Automatic Inspection Gate ini memadukan teknologi Internet of Things (IoT) dan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Alat ini juga memanfaatkan sensor sebagai pengukur suhu serta kamera sebagai pendeteksi masker yang dikontrol penuh dengan menggunakan microcontroller.

Setiap pengunjung yang akan masuk ke gedung harus di scan menggunakan Primakara Automatic Inspection Gate ini.

Jika suhu tubuh seseorang berada dibawah 37,3 serta menggunakan masker, pengunjung akan diarahkan mengisi data diri untuk mengetahui waktu kunjungan dan nomor telepon.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved