Breaking News:

Selamat Jalan Jakob Oetama, Tokoh Bangsa Dan Pendiri Kompas Gramedia

Jenazah Jakob Oetama akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (10/9/2020) ini.

Editor: Eviera Paramita Sandi
KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULU
Portrait foto Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta, Selasa (27/9/2016). Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama (88) meninggal dunia di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (9/9/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Kepergian tokoh pers Indonesia, Jakob Oetama, meninggalkan kesan tersendiri bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi mengatakan, almarhum Jakob Oetama bukan sekadar seorang tokoh pers, pendiri dan pemimpin surat kabar Harian Kompas atau Kelompok Kompas Gramedia, tapi adalah tokoh bangsa.

"Saya mengingat Pak Jakob Oetama sebagai seorang jurnalis sejati dengan semangat juang dan daya kritis yang tinggi, dengan pandangan yang senantiasa bernuansa kemanusiaan," kata Jokowi seperti dikutip pada akun Instagram @jokowi, Rabu (9/9/2020).

Presiden Jokowi sangat terkesan dengan pandangan dan kritikan Jakob Oetama yang disampaikan dalam bahasa halus dan santun.

Ia mengucapkan terima kasih atas warisan kebajikan dan jasa almarhum untuk dunia pers dan bangsa ini.

Tak lupa, Kepala Negara menyampaikan agar keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan ketabahan.

"Saya sungguh-sungguh merasa kehilangan atas kepergian Bapak Jakob Oetama," ucap Jokowi.

"Semoga segala amal pengabdian almarhum mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT dan segenap keluarga yang ditinggalkannya tetap kuat dan tabah," demikian Presiden Jokowi.

Markas Besar Kepolisian RI menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama .

Menurut Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri, Irjen Pol Argo Yuwono , Jakob Oetama adalah jurnalis senior dan tokoh pers nasional.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved