Breaking News:

Corona di Indonesia

Sebut Sektor Pariwisata Memprihatinkan, Moeldoko: 13 Juta Pekerja Terancam Kehilangan Pekerjaan

Pandemi Covid-19, ungkap Kepala Staf Presiden Moeldoko, sangat berdampak terhadap sektor pariwisata dan menyebabkan jutaan orang terancam

(Fransiskus Adhiyuda/tribunnews.com)
Moeldoko 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19, ungkap Kepala Staf Presiden Moeldoko, sangat berdampak terhadap sektor pariwisata dan menyebabkan jutaan orang terancam kehilangan pekerjaan. 

Moeldoko menyebut, sektor pariwisata memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian Indonesia tahun 2019 dengan nilai Rp 1.200 triliun. 

"Dampak covid-19 pada pariwisata ini memprihatinkan.

Hotel dan akomodasi ditutup sementara, mall retail menurun omsetnya, destinansi ditutup sementara, cafe dan tempat makan ditutup sementara, MICE ditunda. Apalagi ancaman PHK di industri pariwisata," ujarnya dalam diskusi virtual, Sabtu (12/9/2020).

Ia merinci, ada 13 juta pekerja langsung yang terancam dari 13 jenis usaha pariwisata

"Potensi kehilangan pekerjaan 6 juta hingga akhir tahun 2020 di mana ada yang di-PHK, dirumahkan, atau usaha mandirinya bangkrut," tutur Moeldoko.

Sementara itu, ada 32,5 juta tenaga kerja tidak langsung yang terdampak yakni UMKM Parekraf, money charger, toko souvenir, penari, pemusik, pekerja seni di daerah wisata, pemasok ke hotel/restoran, pekerja mall/retail, dan lainnya. 

"Potensi kehilangan mencapai 15 juta pekerjaan sampai akhir tahun ini," kata dia.

Mitigasi Pariwisata

Moeldoko menekankan, Presiden Jokowi telah memberikan arahan terkait mitigasi pariwisata dalam rapat terbatas bulan April lalu.

Halaman
1234
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved