Breaking News:

Hadir saat Pendaftaran Bakal Calon Bupati Badung, Dua ASN Badung Diduga Ikut Politik Praktis

Hadir saat Pendaftaran Bakal Calon Bupati Badung, Dua ASN Badung Diduga Ikut Politik Praktis

NET
Ilustrasi. 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Dua orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Badung berinisial MD dan MS dinyatakan memenuhi unsur pelanggaran oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Badung.

Hal itu berdasarkan hasil pemeriksaan Bawaslu Badung yang telah melalui proses pleno.

Bahkan berkas rekomendasi yang berisi kajian pelanggaran telah dikirim ke Komisi ASN, Senin (14/9/2020).

Pelanggaran yang dilakukan baik MD maupun MS, diketahui hadir pada pendaftaran bakal pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Badung di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Badung, Jalan Kebo Iwa, Denpasar, Jumat (4/9/2020) lalu.

Sehingga, dengan adanya temuan tersebut, bawaslu kemudian melakukan penelusuran.

Bahkan ditemukan pula yang bersangkutan mengunggah foto dan keterangan terkait kehadirannya tersebut di media sosial facebook.

Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Badung, Made Pande Yuliartha mengatakan pihaknya tengah mengeluarkan rekomendasi terkait permasalahan tersebut ke komisi ASN di Pusat.

"Setelah kami lakukan klarifikasi dan pemeriksaan serta telah melalui proses pleno, kami telah mengeluarkan rekomendasi dan hari ini (kemarin) telah kami kirim via pos ke Komisi ASN di pusat," ujar Pande.

Pria asal, Kecamatan Mengwi itu menerangkan keduanya ditemukan memenuhi unsur pelanggaran berdasarkan Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah Nomor 42 tahun 2004 tentang Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil.

"Jadi ini berdasarkan temuan kami. Nanti tindaklanjutnya seperti apa, Komisi ASN yang berwenang,” jelas pria asal Mengwi ini.

Halaman
12
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved