Breaking News:

Ditunjuk Jadi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Ini Jejak Karir Politik Rahayu Saraswati

Politikus muda Rahayu Saraswati Djojohadikusomo, ditunjuk menjadi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra periode 2020-2025.

(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR)
Rahayu Saraswati Djojohadikusumo atau Sara menyambangi Balai Kota DKI Jakarta pada Rabu (7/11/2018) siang. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Politikus muda Rahayu Saraswati Djojohadikusomo, ditunjuk menjadi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra periode 2020-2025. 

Saat ini Saras tengah mengikuti orientasi partai hingga beberapa hari ke depan, demikian keterangan dari Juru Bicara Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. 

"Saat ini Saudari Saraswati dalam orientasi di partai untuk beberapa hari ke depan karena yang bersangkutan ditunjuk menjadi salah satu wakil ketua umum Partai Gerindra," kata Dasco kepada wartawan, Senin (14/9/2020).

Sebelumnya diberitakan, Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Gerindra menetapkan kembali Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina.

Susunan kepengurusan sudah didaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM untuk disahkan.

Untuk diketahui, Rahayu merupakan putri dari pengusaha yang juga adik dari Prabowo, Hashim Djojohadikusumo.

Wanita kelahiran 27 Januari 1986 itu saat ini diketahui tengah mencalonkan diri sebagai wakil wali kota Tangerang Selatan bersama Muhammad, mantan Sekretaris Daerah Kota Tangsel yang kini jadi politikus PDI Perjuangan.

Pada pemilihan tersebut, pasangan Muhammad-Rahayu mendapat dukungan dari sembilan partai politik, yaitu PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Amanat Nasional, dan Partai Hanura.

Kemudian, Partai Nasdem, Partai Perindo, Partai Garuda, dan Partai Berkarya, dengan akumulasi kursi di DPRD Kota Tangsel mencapai 23 kursi.

Pada Pemilu Legislatif 2014, keponakan dari Prabowo itu pernah mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif dan berhasil lolos.

Rahayu pun duduk di kursi anggota Komisi VIII untuk periode 2014-2019.

Namun, saat dirinya mencalonkan diri kembali pada Pemilu Legislatif 2019, ia gagal.

Berbeda dari pileg sebelumnya, di mana ia mewakili Jawa Tengah IV, pada Pileg 2019, Rahayu memilih maju dari Dapil III Jakarta yang meliputi Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Kepulauan Seribu.

Kenyataannya, ia hanya mendapat 79.801 suara dalam pemilihan tersebut dan membuatnya gagal melenggang ke Senayan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rahayu Saraswati, Ponakan Prabowo yang Kini Jadi Wakil Ketua Umum Gerindra",

Editor: Ady Sucipto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved