Breaking News:

Corona di Indonesia

Satgas Covid-19 Sebut Setelah DKI Jakarta, Pengetatan Kembali PSBB Bisa Dilakukan di Daerah Lain

PSBB bisa diberlakukan kembali apabila lonjakan kasus harian serta angka kematian terus meningkat dan tingkat kesembuhan menurun.

Humas BNPB
Juru bicara Satgas penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebutkan bahwa pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bisa berlaku di provinsi selain DKI Jakarta.

PSBB bisa diberlakukan kembali apabila lonjakan kasus harian serta angka kematian terus meningkat dan tingkat kesembuhan menurun.

"Apabila kasusnya meningkat dan mulai tidak terkendali dan berjalan cukup lama maka perlu ada pengetatan pada aktivitas-aktivitas tertentu yang berkontribusi pada peningkatan kasus tersebut," kata Wiku lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/9/2020).

"Di mana kami ikut terlibat di dalam proses konsultasi tersebut sehingga dihasilkan pengetatan lebih yang dilakukan di pemerintah DKI. Dan ini tidak tertutup juga untuk seluruh daerah di Indonesia apabila kondisinya seperti tadi," lanjut dia.

Wiku mengatakan, provinsi yang di dalamnya terdapat kota dan kabupaten yang terus berstatus zona merah lebih waspada dan bekerja ekstra keras untuk menurunkan penambahan kasus harian serta angka kematian.

Ia meminta para gubernur, bupati, dan wali kota di wilayah tersebut lebih mendisiplinkan masyarakatnya untuk mematuhi protokol kesehatan saat berkegiatan di ruang publik.

"Sudah kami sampaikan beberapa daerah yang sudah sananya merah selama beberapa minggu ini adalah alarm. Maka harus dilakukan reaksi untuk pengendalian yang lebih ketat agar kondisinya menjadi lebih baik," papar Wiku.

"Kita perlu sadari bahwa pandemi ini belum berakhir, masih ada di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Kita tidak boleh lengah, masyarakat harus terus bekerja sama disiplin menjalankan protokol kesehatan agar tidak terjadi penularan yang tidak terkendali," lanjut dia. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Satgas Penanganan Covid-19 Sebut Pengetatan Kembali PSBB Bisa Berlaku di Provinsi Lain"

Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved