Breaking News:

Pangdam IX/Udayana Lapor ke Luhut Binsar, Sebut 463 Titik Prioritas Disiplin Prokes di Bali

Manajemen perawatan pasien Covid-19 juga perlu ditingkatkan agar dapat pula meningkatkan Recovery Rate dan menurunkan Mortality Rate.

Dok. Pendam IX/Udayana
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara bersama jajaran Vidcon dengan Menko Marves RI Luhut Binsar Pandjaitan dari Ruang Airlangga, Makodam IX/Udayana, Denpasar, Bali, pada Rabu (16/9/2020) malam. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Penanganan Covid-19 di wilayah Provinsi Bali kembali dibahas dalam Video Conference (Vidcon) Kodam IX/Udayana dengan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi RI Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, pada Rabu (16/9/2020) malam ini.

Vidcon diikuti langsung oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara bersama jajaran dari Ruang Airlangga, Makodam IX/Udayana, Denpasar, Bali.

Kepada Luhut, Pangdam memaparkan tentang upaya-upaya yang dilaksanakan Kodam IX/Udayana dalam penanganan Covid-19 di wilayah Provinsi Bali dengan melaksanakan tindakan preventif, preemtif dan represif.

Ke depan untuk sasaran prioritas pendisiplinan protokol kesehatan, Kodam IX/Udayana bersinergi dengan Pemda dan Polda Bali akan melaksanakan operasi yustisi dan penindakkan disiplin.

"Dilaksanakan pembinaan teritorial di 97 tempat ibadah, 230 pusat perbelanjaan, 103 tempat wisata dan 33 sarana atau fasilitas umum dengan jumlah total sasaran prioritas 463 titik," papar Pangdam.

Sementara itu, Menko Marves RI menyampaikan tentang target sasaran ke depan untuk merubah perilaku masyarakat agar mencerminkan protokol kesehatan, penurunan kasus harian, peningkatan recovery rate dan penurunan mortality rate serta penurunan absolute mortality.

"Agar sasaran tersebut tercapai, maka harus mengambil langkah dengan menyamakan data pusat dan daerah untuk pengambilan keputusan, dan juga menggelar operasi yustisi guna menegakkan disiplin protokol kesehatan untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat," kata Luhut.

Selain itu, manajemen perawatan pasien Covid-19 juga perlu ditingkatkan agar dapat pula meningkatkan Recovery Rate dan menurunkan Mortality Rate.

"Yang tidak kalah penting, rapat koordinasi dan pengecekkan di lapangan juga wajib dilakukan secara rutin untuk memastikan implementasinya telah berjalan dengan baik," tegas Menko Marves RI.

Lebih jauh, Luhut menjelaskan tentang pembagian Rencana Aksi Penanganan Covid-19 yang berkoordinasi erat dengan Kodam IX/Udayana, Pemda Provinsi Bali dan Polda Bali.

Halaman
12
Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved