Breaking News:

Gedung Kementerian ESDM Raih Penghargaan Bangunan Hemat Energi se-Asia Tenggara

Gedung Heritage dan Gedung Chairul Saleh menjadi pemenang dalam lomba gedung hemat energi tersebut.

Kompas.com
Gedung Kementerian BUMN di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. 

TRIBUN-BALI.COM - Gedung di kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berhasil menyabet penghargaan dalam ajang ASEAN Energy Awards 2020.

Gedung Heritage dan Gedung Chairul Saleh menjadi pemenang dalam lomba gedung hemat energi tersebut.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi menyampaikan, pengumuman dan penganugerahan pemenang akan dilakukan pada The 38th ASEAN Ministers on Energy Meeting di Da Nang, Vietnam, November 2020 mendatang.

"Gedung Heritage sebagai 1st runner-up pada kategori Small & Medium Green Building, sementara Gedung Chairul Saleh sebagai 2nd runner-up untuk kategori Small & Medium Energy Management in Building," ujar Agung lewat keterangan tertulis, Sabtu (19/9/2020).

Uji Coba Kedua Lawan Qatar, Pelatih Shin Tae Yong Soroti 3 Kelemahan Timnas U19

Grab Siap Bantu Kembangkan Digitalisasi UMKM di Banyuwangi

Nagita Slavina Protes Usai Dirinya Dicoret jadi Ahli Waris Mama Rieta, Harta Kekayaan Tak Main-main

Gedung Heritage, tempat Menteri ESDM Arifin Tasrif berkantor, merupakan gedung bersejarah yang telah direnovasi pada tahun 2016 dan ditransformasi menjadi Near-Zero Energy Building.

Sejak tahun 2017 bangunan tersebut telah terpasang 441 panel surya dengan total kapasitas 86 kWp atau setara dengan 44,2% dari total kapasitas listrik terpasang.

Sistem energi terbarukan tersebut mampu menghasilkan energi 70.080 kWh/tahun dan menghasilkan penghematan hingga 7.008 USD per tahunnya.

Sebagai upaya dalam mengurangi dampak lingkungan, Gedung Heritage berkomitmen untuk menambahkan sistem energi terbarukan lainnya dan ditargetkan menjadi Bangunan Nett Zero Energy pada tahun 2024.

Selain itu, Gedung Heritage juga telah didesain dengan konsep Green & Healthy Building, dengan geometri bangunan menghadap Utara-Selatan, memanfaatkan pencahayaan alami, menyediakan bukaan ventilasi di sekeliling bangunan, dan juga dikelilingi dengan 28 jenis pepohonan yang berfungsi melindungi bangunan dari sinar matahari langsung dan mengurangi pencemaran udara.

Selain itu, kawasan Kementrian ESDM juga menyediakan kendaraan ramah lingkungan berupa 3 unit motor listrik dan 2 unit sepeda listrik, dilengkapi dengan 5 unit stasiun pengisian tenaga listrik.

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved