Breaking News:

74 Bidang Aset Pemkab Buleleng Disertifikatkan

Kementerian ATR/BPN menerbitkan sertifikat terhadap 74 bidang aset milik Pemkab Buleleng

Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani | Editor: Aloisius H Manggol
ISTIMEWA
Gubernur Bali, Wayan Koster saat menyerahkan sertifikat terhadap 74 bidang aset milik Pemkab Buleleng, kepada Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra. 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA- Kementerian ATR/BPN menerbitkan sertifikat terhadap 74 bidang aset milik Pemkab Buleleng.

Melalui sertifikat ini, diharapkan dapat menyelamatkan tanah milik negara, serta mendapatkan kepastian hukum untuk dimanfaatkan kedepannya.

Kepala Bidang Aset BPKPD Buleleng Made Pasda Gunawan dikonfirmasi Jumat (23/10) mengatakan, puluhan sertifikat itu diserahkan oleh kementerian melalui Gubernur Bali Wayan Koster, kepada Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra, dalam rapat Koordinasi Perbaikan Tata Kelola Aset, pada Kamis (22/10) kemarin.

Pasda pun menjelaskan, pihaknya sejatinya rutin mengajukan penyertifikatan aset daera kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN). Tahun ini saja, jumlah usulannya mencapai ratusan objek. Hanya saja, yanh baru disetujui dan sudah diterbitkan sertifikatnya hanya 74 bidang. Sementara sisanya masih dalam tahap pengukuran dan sidang.

Pasda mencontohkan, aset daerah yang saat ini masih dalam proses pengukuran ialah Jalan Udayana. Dimana, dalam proses penyertifikatannya harus dibagi menjadi tiga, mengingat di wilayah tersebut terbagi dalam tiga kelurahan. "Jadi sertifikatnya nanti dibagi tiga, harus dipotong-potong karena di sepanjang jalan Udayana itu ada tiga kelurahan. Belum lagi dipotong jembatan dan sodetan juga, jadi agak lama proses pengukurannya," terangnya.

Pasda menyebut, dalam proses penyertifikatan aset milik daerah harus melengkapi sejumlah administrasi. Bila lolos, maka akan dilanjutkan dengan proses pengukuran oleh pihak BPN, untuk selanjutnya masuk ke tahap persidangan sebagai penentuan penerbitan SK. "Kalau SK sudah dikantongi, baru lah terbit sertifikatnya," jelasnya. (rtu)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved