Breaking News:

Sponsored Content

Bukti Pelestarian Lingkungan, Bupati Buleleng Serahkan Tropy ProKlim 

Bupati Buleleng menyerahkan Tropy Proklim Lestari Tahun 2020 kepada Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan di Kantor Bupati Buleleng

Istimewa
Foto: Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana menyerahkan Tropy Proklim Lestari Tahun 2020 kepada Desa Bukti, Selasa (10/11/2020) 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Bertepatan dengan upacara peringatan Hari Pahlawan, Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST menyerahkan Tropy Proklim Lestari Tahun 2020 kepada Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan di Kantor Bupati Buleleng, Bali, Senin (10/11/2020). 

Agus Suradnyana mengatakan, capaian dan penghargaan skala nasional yang diraih Desa Bukti menjadi kebanggaan Buleleng dan sangat di apresiasi oleh pemerintah.

Mengingat penghargaan yang berhasil diraih ini menjadi satu-satunya di Bali.

"Ini membuktikan seluruhnya telah berupaya menjaga lingkungan, dan tentu sifatnya pelestarian terhadap lingkungan," imbuhnya.

Baca juga: Sejam Lebih Menanti, Kabag hingga Staf Ahli Pemkab Klungkung Diminta Keluar Ruangan Rapat

Baca juga: Menko Luhut Sebut Berdasarkan Data-data yang Ada, Ekonomi Indonesia Sudah Mulai Bangkit dari Resesi

Baca juga: ILC Bahas Pulangnya Habib Rizieq ke Indonesia Mendadak Batal, Fadli Zon:Ada Telepon Gaib Bang Karni?

Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

Tercatat, Desa Bukti menjadi salah satu dari enam Desa/Lokasi di Seluruh Indonesia yang menerima Tropy Proklim Lestari dan juga merupakan lokasi ProKlim yang pertama di Bali yang mendapatkan Trofi.

Sebelumnya, sejak tahun 2012, Pemerintah Kabupaten Buleleng telah mengusulkan sebanyak 26 (dua puluh enam) lokasi Proklim, dimana 3 (tiga) desa mendapatkan penghargaan Tropy Proklim Utama yaitu Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada (tahun 2012); Desa Bukti Kecamatan Kubutambahan (tahun 2016); dan Desa Pemuteran Kecamatan Gerokgak (tahun 2018).

"Lingkungan di Buleleng sangat luar biasa telah banyak menerima pengakuan secara nasional. Yang berhasil diraih oleh Desa Bukti ini menunjukkan bahwa kita sudah menghargai upaya-upaya yang dilakukan untuk menjaga lingkungan agar iklim terjaga sudah berjalan dengan baik," jelas Bupati asal Desa Banyuatis tersebut.

Selain Penghargaan Proklim Lestasri, turut diserahkan juga sertifikat Penghargaan Proklim Utama terhadap 6 (enam) lokasi/desa yang ada di Buleleng.

Diantaranya, Desa Penuktukan (Kecamatan Tejakula), Desa Lemukih (Kecamatan Sawan), Desa Panji (Kecamatan Sukasada), Desa Tigawasa (Kecamatan Banjar) dan Desa Kedis (Kecamatan Busungbiu).

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved