Breaking News:

Mas Menteri: Budaya Potensi Terbesar di Indonesia

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengingatkan pentingnya budaya bagi bangsa Indonesia

Editor: Aloisius H Manggol
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan tanggapan tentang rekomendasi Panitia Kerja (Panja) Pembelajaran Jarak Jauh dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (27/8/2020). Rapat kerja tersebut membahas tentang laporan keuangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun Anggaran 2019, proses hibah hak paten merdeka belajar serta kebijakan sekolah yang berada dalam zona hijau COVID-19. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/nz 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengingatkan pentingnya budaya bagi bangsa Indonesia. 

Menurut Nadiem, budaya yang menjadikan Indonesia unik di mata internasional dan membuat orang datang berkunjung. 

"Budaya ini merupakan salah satu potensi terbesar di Indonesia," ujar Nadiem melalui keterangan tertulis, Selasa (10/11/2020). 

Baca juga: Nadiem Makarim Dukung Pegiat Budaya Tetap Berkarya di Tengah Pandemi

Nadiem mengingatkan kembali pentingnya melibatkan masyarakat, khususnya generasi muda untuk peduli dan turut melestarikan kekayaan budaya. 

Jika bangsa Indonesia tidak lagi mengetahui dan menghormati budayanya, baik itu cagar budaya ataupun karya-karya seni dan pengetahuan tradisional, maka bukan mustahil keragaman budaya ini akan hilang. 

“Pada saat budaya dan adat kita mulai terkenal di internasional, anak-anak kita pun pasti akan mengikuti tren itu dan akan diapresiasi oleh orang di luar negeri. Ini akan menjadi suatu kebanggaan bagi generasi Indonesia berikutnya," tutur Nadiem.

Baca juga: Nadiem Makarim Siapkan Platform Digital untuk Bantu Pembelajaran

Kegiatan kebudayaan, menurut Nadiem, harus terus dikembangkan meski di tengah pandemi Covid-19. 

Selain itu, ia juga berkeinginan ada revitalisasi strategi kebudayaan agar berbagai cagar budaya adat dikenal masyarakat hingga ke mancanegara.

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved