Breaking News:

Kembali Digelar, FGD Tribun Bali Kali Ini Bahas Tema Pemanfaatan & Pengelolaan Dana Hibah Pariwisata

Tribun Bali bersama dengan BPD Bali menggelar Focus Group Discussion (FGD) Virtual Tribun Bali

Penulis: Karsiani Putri | Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Tribun Bali/Karsiani Putri
Focus Group Discussion (FGD) Virtual Tribun Bali dengan mengangkat  topik 'Pemanfaatan dan Pengelolaan Dana Hibah Pariwisata' pada Selasa (24/11/2020) 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Tribun Bali bersama dengan BPD Bali menggelar Focus Group Discussion (FGD) Virtual Tribun Bali dengan mengangkat  topik 'Pemanfaatan dan Pengelolaan Dana Hibah Pariwisata' pada Selasa (24/11/2020). 

FGD ini sendiri menghadirkan empat pembicara, yakni  Direktur Manajemen Investasi dan Plt. Direktur Manajemen Industri Kemenparekraf, Ardi Hermawan, Direktur Bisnis Non Kredit Bank BPD Bali, I Nyoman Sumanaya, Government & Organization Relations Director BHA, Fransiska Handoko, dan Kadispar Kabupaten Gianyar, Anak Agung Gde Putrawan. 

Dalam kesempatan tersebut, Anak Agung Gde Putrawan menyebutkan bahwa terdapat 3 regulasi atau surat yang dipedomani pihaknya dalam pelaksanaan dana hibah pariwisata. 

"Yang pertama penetapan Gianyar masuk dalam 101 kota di Indonesia penerima dana hibah. Kedua, masalah pelaksanaan dana hibah itu sendiri. Ketiga, penjelasan lebih rinci tentang pembagian penerima hibah yang ada di kabupaten," ungkapnya.

Baca juga: 5 Zodiak Ini Cocok untuk Dijadikan Sahabat, Mereka Sangat Setia dan Jujur

Baca juga: Termasuk Pensiunan Polisi, 9 Tersangka Kasus Narkoba Ditangkap Polisi Buleleng selama 3 Bulan

Baca juga: Prada Hengky Hilang di Tembagapura Papua saat Patroli, Bawa Satu Pucuk Senjata SS2 V4  

Pihaknya menyebutkan bahwa dalam waktu dekat ini, pihaknya tengah berupaya untuk segera mengeksekusi dana hibah yang besarnya sekitar Rp. 135 miliar tersebut. 

FGD pada Selasa (24/11/2020) ini dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Dan Kesra Sekda Provinsi Bali, I Gede Indra Dewa Putra, yang dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan dari Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati.

"Sebagai Wakil Gubernur Bali atas nama pemerintah Provinsi Bali, saya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas diselenggarakannya FGD ini karena acara seperti ini sangat dibutuhkan untuk memberikan saran, masukan dan informasi terhadap pelaksanaan program dari pemerintah sehingga bisa sesuai dengan yang diharapkan dan dapat mencegah penyimpangan," ucapnya. 

Menurutnya, pandemi Covid-19 ini telah menyebabkan bayak kerugian di segala aspek yang menyebabkan kondisi ekonomi terpuruk. 

Dan dalam hal ini pemerintah Provinsi Bali telah melakukan berbagai upaya dalam mempercepat berakhirnya virus dan juga meringankan beban bagi masyarakat yang terdampak pandemi. 

Salah satunya adalah dengan penggelontoran dana sebesar Rp. 755 miliar yang telah dimanfaatkan untuk penanggulangan Covid-19 hingga sebagai stimulus bagi pekerja khususnya yang bergerak di pariwisata. 

"Selain itu, pemerintah Provinsi Bali juga bersama dengan BPD Bali memberikan beberapa kebijakan terhadap kreditur khususnya pelaku UMKM. Seperti pendanaan modal kerja baru dengan bunga rendah subsidi bunga sebesar 3 persen untuk 3 bulan pertama dan 4 persen untuk bulan berikutnya dan berlaku sampai Desember 2020. Subsidi sebesar 6 persen bagi debitur kur sampai Desember 2020 dan ini sebagai upaya agar mampu mempertahankan usahanya," tuturnya. 

Perihal dana hibah kepariwisataan dari pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Perimbangan Kementerian Keuangan RI, Ia berpesan agar pemanfaatan dana hibah pariwisata diharapkan dapat transparan dan masyarakat bisa ikut memantau dan mengawasi agar tidak terjadi penyimpangan. 

"FGD seperti ini sangatlah bermanfaat sebagai ajang saling memahami dan masyarakat juga bisa mendapatkan informasi yang lebih jelas," tuturnya. 

FGD  ini sendiri  diikuti oleh 84 partisipan dari 20 instansi, diantaranya Stikes Buleleng, Universitas Ngurah Rai, Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se-Bali hingga PHRI Kabupaten/Kota se-Bali. (*).

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved