Breaking News:

Natal dan Tahun Baru Segera Tiba, Mendag Lakukan Rakornas Antisipasi Kecukupan Stok di Daerah

Kementerian Perdagangan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Barang Kebutuhan Pokok menjelang Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Mendag Agus Suparmanto saat memberikan arahan dalam Rakornas Barang Kebutuhan Pokok Menjelang Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 yang diadakan di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, BADUNG - Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 akan mendorong permintaan masyarakat terutama barang kebutuhan pokok.

Potensi kenaikan permintaan tersebut diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi masyarakat khususnya UMKM dalam beberapa waktu terakhir merasakan dampak negatif terhadap pelambatan ekonomi nasional.

Namun di sisi lain, kondisi rendahnya harga di tingkat petani selama masa pandemi berpotensi mengakibatkan penurunan kondisi pasokan ke depan karena berkurangnya insentif produksi serta kondisi musim hujan pada akhir tahun berpotensi mengganggu kelancaran distribusi dan pasokan.

Baca juga: Edhy Prabowo Tersangka Korupsi, Begini Sikap Tegas Prabowo Subianto

Baca juga: Tim Kajian Daerah Setjen Dewan Ketahanan Nasional Kunker di Bali, Lalu Sambangi Makodam IX/Udayana

Baca juga: Petani di Tabanan Ditemukan Tergeletak di Pematang Sawah, Diduga Kelelahan Seusai Membajak Sawah

Untuk itu Kementerian Perdagangan perlu melakukan langkah-langkah antisipasi pemenuhan kecukupan stok dan pasokan barang kebutuhan pokok di daerah-daerah sejak 20 hari khususnya saat permintaan masyarakat berangsur-angsur pulih agar masyarakat tidak terbebani oleh gejolak harga pangan serta kelangkaan barang pada Libur Natal dan Tahun baru 2021.

Hal inilah yang mendasari Kementerian Perdagangan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Barang Kebutuhan Pokok menjelang Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 yang diadakan di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort, Kuta Selatan, Badung, Kamis (26/11/2020).

Baca juga: Jaga Kelestarian Alam Bali, Koster Luncurkan SPBKLU, PLTS Fotovoltaik & Kendaraan Bermotor Listrik

Baca juga: Kabag Ops Polres Badung Ikuti Rakor Anev Kampanye Pilkada Serentak 2020

Baca juga: Tergiur Pulsa Gratis Rp 100 Ribu, Uang Tabungan Perempuan di Malang Ini Terkuras Ratusan Juta

"Pada kesempatan kali ini kami (Kementerian Perdagangan) bermaksud untuk menekankan pentingnya peran pemerintah daerah dalam menjaga arus stabilitas harga dan kesediaan pangan. Karena pemerintah daerah memiliki informasi ketersediaan barang kebutuhan pokok secara lebih detail dan dapat melakukan langkah-langkah kebijakan kelancaran distribusi di masyarakat secara lebih cepat," tutur Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto dalam arahannya kepada para peserta Rakornas.

Ia berharap kepada Pemerintah Daerah khususnya Dinas baik di Provinsi atau pun Kabupaten yang membidangi Perdagangan untuk dapat menjalin komunikasi dan koordinasi secara lebih intensif dengan para pelaku usaha distribusi barang kebutuhan pokok di wilayahnya masing-masing.

Baca juga: Antisipasi Ancaman Sewaktu-waktu, Lanud I Gusti Ngurah Rai Gelar Latihan Pertahankan Pangkalan

Baca juga: Bukan Susi Tapi Luhut, Gantikan Edhy Prabowo Sebagai Menteri KP Setelah Terjerat Lobster

Baca juga: Selain Jadi Ad Interim Menteri KP, Luhut Pernah Mengisi Sementara 2 Posisi Menteri Ini

Selain itu melakukan pendataan jalur distribusi untuk masing-masing komoditi barang kebutuhan pokok sehingga memperoleh informasi dan melakukan langkah intervensi secara lebih cepat bekerja sama dengan satgas pangan di daerah serta Bulog setempat.

"Beberapa isu terkait kebutuhan pokok komoditi barang yang perlu menjadi perhatian pada Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di antaranya harga beras saat ini relatif stabil," imbuh Mendag Agus.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved