Tinju

Titisan Mike Tyson Kalah Perdana, Terluka Parah, Tengkorak Mata Retak dan Terancam Buta

Petinju kelas berat yang disebut-sebut sebagai titisan Mike Tyson, Daniel Dubois, terancam kehilangan penglihatannya usai mengalami cedera mata

Editor: M. Firdian Sani
CIGESIDEASEATS
Pegulat WWF Smackdown Steve Austin mengacungkan jari tengah pada legenda tinju Mike Tyson. 

TRIBUN-BALI.COM - Pe tinju kelas berat yang disebut-sebut sebagai titisan Mike Tyson, Daniel Dubois, terancam kehilangan penglihatannya usai mengalami cedera mata yang cukup serius.

Siapa sangka jika kekalahan Daniel Dubois dari  Joe Joyce dalam laga pere butan sabuk juara tinju kelas berat WBC (silver), WBO dan persemakmuran harus berbuntut panjang.

Dalam laga yang berlangsung di Church House, London, Inggris pada 28 November 2020 kemarin, Daniel Dubois kalah dari  Joe Joyce melalui KO saat laga memasuki ronde ke-10.

Jab kiri yang dilancarkan oleh Joe Joyce membuat Daniel Dubois bertekuk lutut sebelum akhirnya menyerah karena mata kirinya sudah bengkak dan terlihat tak layak.

Baca juga: Usai Operasi ke-3 Dinyatakan Sukses, Marc Marquez Kini Justru Dihantui Infeksi Tulang Humerus

Selepas laga, Daniel Dubois langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut lantaran pukulan telak itu telah membuat rongga matanya retak.

Tak hanya rongga mata retak, laman Boxingscene melaporkan bahwa retina pe tinju berusia 23 tahun tersebut juga mengalami pendarahan yang membuatnya nyaris mengalami ke butaan.

Queensberry, pihak promotor Daniel Dubois memberikan rilis resmi mengani kondisi terkini kliennya tersebut, di mana mereka belum mengambil keputusan untuk melakukan operasi.

Hal tersebut dilakukan karena dokter ingin melihat apakah cedera yang dialami Daniel Dubois tersebut akan sembuh tanpa perlu melakukan tindakan intervensi.

Baca juga: Legenda Tinju Ini Punya Hasrat Besar Untuk Berduel Mike Tyson

Dalam pernyataannya, karier Daniel Dubois disebut-sebut akan berakhir dengan penglihatan ganda (double vision) jika pertarungan itu tidak dihentikan secepatnya.

"Saya telah menjelaskan kepada Daniel Dubois, untungnya laga itu dihentikan ketika ketika dia mengalami patah tulang," bunyi pernyataan pihak Queensberry, dilansir dari Boxingscene.

"Jika tidak, ada risiko trauma lebih lanjut pada lebih banyak jaringan orbital yang berpotensi kariernya akan berakhir dalam penglihatan ganda," lanjutnya.

Keadaan ini tentu sebuah ironi bagi Daniel Dubois yang sebelum laga dimulai dia sempat menyinggung ibu Joe Joyce yakni Marvel dengan penglihatannya yang hanya 7 persen saja.

Melalui sebuah siaran, Marvel kini berharap agar Daniel Dubois bisa belajar untuk lebih menghormati orang yang lebih tua menyusul cedera mata yang dia alami kini.

"Mudah-mudahan dia telah belajar sekarang dan dia harus menghormati orang yang lebih tua, sekarang matanya hancur, dia akan tahu bagaimana rasanya tidak melihat," ucap Marvel.

Sebagai seorang pe tinju, Daniel Dubois digadang-gadang akan mengikuti jejak Mike Tyson menyusul catatan rekornya yang gemilang.

Sejak menjalani debutnya pada tahun 2017 lalu, Daniel Dubois sudah menjalani total 16 laga dengan rincian 15 kemenangan 14 di antaranya melalui KO/TKO dan baru sekali kalah. (*)

Artikel ini telah tayang di BolaSport.com dengan judul Titisan Mike Tyson Terancam Buta, Kena Karma Hina Ibu Musuhnya?

Sumber: BolaSport.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved