Breaking News:

Ngopi Santai

Malam Gulita Jiwa

ungkapan the dark night of the soul bisa dimaknai sebagai krisis spiritual (seseorang) dalam perjalanan menuju keterhubungan dengan Tuhan

Pixabay
Ilustrasi manusia dan suasana senja. 

Dua hari lalu, tanpa disangka teman anak saya tiba-tiba bertanya dan sepertinya ingin memancing diskusi yang “berat”. Bagian yang tidak kusangka itu adalah topik pembicaraan yang dilemparnya: tentang spiritualitas dan filsafat.

Dia menyodorkan istilah yang saya belum pernah baca, yakni the dark night of the soul.

"Oke, saya coba cerna dulu ya," jawab saya dalam percakapan via WA pada 6 Desember 2020 pukul 08.00 pagi waktu Denpasar itu.

Percakapan kemudian sempat terhenti, karena saya akan menyetir mobil.

Baca juga: Dialog Dini Hari Rilis Single Payung Hitam, Terinspirasi dari Kisah Pejuang HAM

Singkat cerita, kemudian saya tahu bahwa the dark night of the soul  adalah judul puisi yang ditulis oleh seorang mistikus Spanyol abad 16, yang bernama St. John of The Cross (Santo Yohanes dari Salib).

Menurut wikipedia, ungkapan the dark night of the soul bisa dimaknai sebagai krisis spiritual (seseorang) dalam perjalanan menuju keterhubungan dengan Tuhan (saya terjemahkan “keterhubungan” untuk kata "union", meskipun bisa pula sebagai “kebersatuan”).

Beberapa hari kemudian, percakapan kami berlanjut. Seperti biasa, saya-lah yang sebetulnya terstimulasi untuk berdiskusi lebih jauh. Dasar saya kan memang demen diskusi tentang spiritualitas dan filsafat hehehe.

Akhirnya, saya menjawab pertanyaan teman anak saya itu dengan tulisan sebagaimana di bawah ini.

                                                ****

Di sini saya akan menulis tentang “Malam Gulita Jiwa”. Iya, kata-kata ini jelas nyontek judul puisi Santo Yohanes dari Salib itu, karena “Malam Gulita Jiwa" itu kan sekadar terjemahannya dalam bahasa Indonesia hehehe....

Halaman
1234
Penulis: Sunarko
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved