Breaking News:

Tanaman Porang Diekspor hingga ke Jepang, Petani di Tabanan Diharapkan Manfaatkan Lahan Tidur

masyarakat di Tabanan diharapkan memanfaatkan lahan tidur untuk budidaya porang karena bisa diekspor.

Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
Kelompok Petani di Desa Batannyuh, Kecamatan Marga, Tabanan, mengikuti sosialisasi mengenai budidaya tanaman porang dari pihak usaha pertanian didampingi Dinas Pertanian Tabanan, Kamis (10/12/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Kelompok Petani di Desa Batannyuh, Kecamatan Marga, Tabanan, mengikuti sosialisasi mengenai budidaya tanaman porang dari pihak usaha pertanian didampingi Dinas Pertanian Tabanan, Kamis (10/12/2020).

Secara umum, masyarakat di Tabanan diharapkan memanfaatkan lahan tidur untuk budidaya porang karena bisa diekspor.

Anggota DPRD Tabanan asal Kecamatan Marga, I Putu Eka Putra Nurcahyadi mengatakan, sosialiasi tentang budidaya porang ini dilaksanakan oleh pihak usaha pertanian yang juga langsung dihadiri oleh pihak Dinas Pertanian Tabanan.

Menurut politikus PDIP Tabanan ini, komoditi porang ini cukup bergairah di tengah masyarakatnya terutama untuk petani yang selama ini masih belum memanfaatkan lahan tidurnya.

Baca juga: Malam Gulita Jiwa (1)

Baca juga: Dialog Dini Hari Rilis Single Payung Hitam, Terinspirasi dari Kisah Pejuang HAM

Baca juga: Gelar Tajen Karena Dirumahkan Akibat Pandemi, Mang Awa: Istri Saya Jualan Tidak Ada yang Belanja

Sebab, selama ini masih banyak lahan tidur yang ada di Tabanan karena berbagai faktor seperti tak ada aliran air dan lainnya.

"Jika dari pantauan kami, untuk komoditi porang bargairah di tengah masyarakat yang mulai berpikir untuk berkebun atau bertani agar cukup efektif dengan memanfaatkan lahan tidur. Sehingga dengan komoditi ini kita di Tabanan bisa memanfaatkan lahan tidur menjadi untuk produktif. Apalagi saat ini potensi permintaannya tinggi maka menjadi komuniti ekspor," kata Eka Nurcahyadi, Kamis (10/12/2020).

Dia mengharapkan, dengan adanya potensi yang sangat berpeluang menyejahterakan petani Tabanan ini, pihaknya mengharapkan dana desa dan pemerintah memfasilitasi budidaya porang ini.

"Masa depan mereka (petani) harus bagus. Apalagi di Tabanan masih banyak lahan tidur yang bisa dimanfaatkan," harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Tabanan, Drh. Ni Nyoman Riawati menjelaskan, kegiatan sosialisasi budidaya porang tersebut digelar oleh usaha pertanian dengan melibatkan sebuah kelompok pertanian di Desa Batannyuh, Kecamatan Marga, Tabanan.

Menurut dia, kegiatan ini lumayan bisa membuka wawasan untuk petani di Tabanan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved