Breaking News:

Kodam IX/Udayana Gelar Donor Darah Terbuka Untuk Umum, Pangdam Ajak Masyarakat Donor Bareng

Pangdam secara terbuka mengajak langsung seluruh masyarakat untuk turut serta dalam kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh Kodam IX/Udayana.

Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Dok. Pendam IX/Udayana
Pangdam IX/Udayana Mayjem TNI Maruli Simanjuntak saat mendonorkan darahnya dalam kegiatan Bakti Sosial donor darah dan donor plasma konvalesen Kodam IX/Udayana bersama PMI Bali di Lapangan Makesdam IX/Udayana, Denpasar, Bali, pada Jumat, (11/12/2020). 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Masih jarang diketahui khalayak bahwa program donor darah yang setiap kali diselenggarakan oleh Kodam IX/Udayana berlaku tak hanya bagi prajurit TNI, melainkan juga terbuka untuk seluruh masyarakat secara umum.

Hal ini disampaikan langsung oleh Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak di sela kegiatan bakti sosial donor darah dan donor plasma konvalesen Kodam IX/Udayana bersama PMI Bali di Lapangan Makesdam IX/Udayana, Denpasar, Bali, Jumat (11/12/2020).

Pangdam secara terbuka mengajak langsung seluruh masyarakat untuk turut serta dalam kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh Kodam IX/Udayana.

"Kegiatan donor ini nantinya akan dilaksanakan juga di seluruh Korem Jajaran Kodam IX/Udayana, tidak hanya dilaksanakan oleh anggota TNI, PNS dan keluarganya tetapi juga diharapkan dapat melibatkan masyarakat umum guna membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan darah guna mengobati pasien positif Covid-19," kata Pangdam.

Baca juga: Kodam IX/Udayana Dapat Kado Mobil Ambulans dari BUMN Bank BNI, Peran Tanggulangi Covid-19

Baca juga: Zlatan Ibrahimovic Pemain Dua Generasi, Dulu Bermain Bersama Paolo Maldini, Sekarang dengan Anaknya

Baca juga: Trofeo Kubu Legend - Mitra Devata dan Putra Renon, Winger Bali United U-20 Perkuat Tim Asal Bangli

"Kegiatan ini juga dibuka untuk masyarakat umum agar bersedia dan mau ikut serta dalam melakukan donor tersebut," imbuhnya.

Pangdam menyampaikan, dalam kegiatan donor darah kali ini, diikuti oleh pendonor sebanyak 315 anggota TNI dan PNS jajaran Kodam IX/Udayana serta 30 pendonor plasma konvalesen. 

"Kegiatan donor ini bertujuan untuk membantu PMI Provinsi Bali dalam menyiapkan kebutuhan darah dan kebutuhan plasma konvalesen guna menghadapi dan penanggulangan khususnya untuk mengobati pasien yang terpapar Covid-19," ujar Pangdam.

Pria yang sebelumnya menjabat Komandan Paspampres RI itu juga berharap kepada seluruh masyarakat Bali agar tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Mayjen TNI Maruli Simanjuntak mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen yang dilaksanakan ini. 

Pada kesempatan ini, Kodam IX/Udayana menerima bantuan 1 unit mobil ambulance modifikasi untuk mendukung kelancaran Kodam IX/Udayana dalam pelayanan kesehatan di Provinsi Bali.

"Pelayanan kesehatan yang dilakukan Kesdam IX/Udayana bukan hanya mendukung kegiatan Kodam IX/Udayana khususnya anggota TNI, PNS dan keluarganya, dan juga mendukung pelayanan kesehatan untuk masyarakat sekitar, sehingga dukungan dari BNI ini nantinya juga digunakan untuk penanganan dan penanggulangan Covid-19 di wilayah Bali," ujar Pangdam.

Sementara itu, Ketua PMI Provinsi Bali, I Gusti Bagus Alit Putra menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kodam IX/Udayana yang sangat peduli dalam bidang kesehatan.

Adapun dalam rangka Hari Juang TNI AD tahun 2020, Kodam IX/Udayana bekerjasama dengan PMI Provinsi Bali menggelar kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen dengan tujuan untuk meringankan dan membantu masyarakat Provinsi Bali dalam penyediaan darah guna mengobati pasien yang terpapar Covid-19.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, dihadiri oleh Kasdam IX/Udayana, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Para Dan/Ka Balakdam IX/Udayana, Ketua PMI Provinsi Bali, Kepala Kanwil Bali-Nusra PT. BNI (Persero) Tbk, Perwakilan PT. BNI (Persero) Tbk Pusat dan Ketua Transfusi PMI Provinsi Bali. (*).

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved