Breaking News:

Budidaya Lobster Pertama Kali Berhasil di Bali

Enam bulan fokus budidaya Lobster, PT Lautan Berkah Perkasa (LPB) akhirnya membuat nelayan bisa tersenyum berkat keberhasilan panen perdananya.

Editor: Widyartha Suryawan
PT. Lautan Berkah Perkasa
Enam bulan fokus budidaya Lobster, PT. Lautan Berkah Perkasa (LPB) akhirnya membuat nelayan bisa tersenyum berkat keberhasilan panen perdananya. 

TRIBUN-BALI.COM - Enam bulan fokus budidaya Lobster, PT Lautan Berkah Perkasa (LPB) akhirnya membuat nelayan bisa tersenyum berkat keberhasilan panen perdananya.

Keberhasilan perusahaan ini dalam melakukan pembesaran Lobster pun memberi nafas lega kepada kelompok nelayan di pesisir Sumberkima Buleleng Bali. 

Kerjasama dibangun dalam pembesaran Lobster dirasa nelayan bisa menunjang ekonomi mereka di tengah pandemi COVID-19. 

Selain nelayan mendapatkan hasil setelah panen, pengadaan pakan untuk bibit lobster juga dibayar. Kerang diambil dari perairan sekitar dan juga bulu babi, dibeli perusahaan guna memenuhi kebutuhan sehari-hari nelayan.

"Keberadaan keramba ini (budidaya Lobster) ini menghidupkan ekonomi kami. Dengan adanya ini di tengah pandemi (COVID 19) kita bisa bekerja. Untuk kedepannya ini sangat menjanjikan," ujar Haji Amal selaku Ketua Kelompok Nelayan penanggung jawab keramba budidaya Lobster Sumberkima PT LPB.

Dari pengalaman pertama hingga berhasil panen ini ia dan rekan-rekannya mengaku banyak belajar. Sehingga, meski telah berhasil, Haji Amal mengatakan ke depan perlu dilakukan upaya peningkatan. 

"Dari pengalaman pertama ini kami banyak belajar. Kedepan tentu dapat lebih dimaksimalkan lagi karena kami kini sudah tau bagaimana melakukan budidaya Lobster."

"Nantinya perlu beberapa perbaikan agar periode yang selanjutnya mendapatkan hasil lebih maksimal, tapi yang jelas budidaya Lobster ini sangat menjanjikan," imbuhnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved