Breaking News:

Tahap Terakhir, Restorasi Terumbu Karang di Pantai Semawang Sanur Capai 80 Persen

Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Restorasi Terumbu Karang atau Indonesia Coral Reef Garden (ICRG) di Bali oleh Kementerian Kelauta

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Suasana proses pemindahan media tanam/transplantasi karang yang sudah dibuat ke atas ponton untuk diangkut ke tengah pantai, di Pantai Semawang, Sanur, Denpasar, Bali, Kamis (24/12/2020) 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Restorasi Terumbu Karang atau Indonesia Coral Reef Garden (ICRG) di Bali oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), melalui Ditjen Pengelolaan Ruang Laut (PRL) progresnya kini mencapai 80 persen.

Sebelumnya program ICRG ini digagas oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) pada tahun 2018 bersama dengan Managing Director IMF.

Baca juga: Soal Pengelolaan Pasar Banyuasri Buleleng, Badan Pengawas Usulkan Skema Kerjasama Pemanfaatan Aset

Baca juga: Bale Kulkul di Dalem Sangut Carangsari Petang Terbakar, Diduga karena Pembakaran Material Ngaben

Baca juga: 2 Cafe di Tabanan Tak Lengkapi Sarana Prokes,Tim Gabungan Sosialisasi SE Gubernur & Maklumat Kapolri

"Kegiatan utama dari ICRG kali ini adalah Pemulihan Ekonomi Nasional karena kita tahu, Bali jadi salah satu provinsi yang terkena dampak pandemi Covid-19. Karena Bali tergantung dari sektor pariwisata bahkan sampai minus 12 persen pertumbuhan ekonominya," ujar Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kemenkomarves, Safri Burhanuddin, Kamis (24/12/2020) siang disela kegiatannya meninjau progres program ini di Pantai Semawang, Sanur, Denpasar, Bali.

Dengan adanya program ini, menurut Safri, masyarakat yang terlibat khususnya pariwisata dapat mendapatkan tambahan pendapatan serta kegiatan tambahan sehingga aktivitas ekonomi mulai kembali ada.

Baca juga: Cek Penerapan Prokes, Kapolda Bali Tinjau Pelaksanaan Ibadah Malam Natal di Katedral Denpasar

Baca juga: Polairud Polres Jembrana Sisir Wilayah Pantai Jelang Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Jelang Nataru, Jumlah Kendaraan Pribadi Masuk Bali lewat Gilimanuk Meningkat

Kami sekarang meninjau progresnya sejauh mana program yang telah kita mulai sejak bulan Oktober lalu, dan sekarang sudah progres terakhir.

"Sekarang sudah progres terakhir membawa struktur yang sudah selesai, itu kita bawa ke laut. Kita deploy di sana. Sekarang kami akan meninjau dan kenapa kami harus langsung pergi ke laut dan menyelam langsung itu untuk melihat langsung apakah sudah sesuai dengan yang kita gambarkan sebelumnya. Melihat kekurangannya di mana bagaimana gambarannya," imbuh Safri didampingi Direktur Jasa Kelautan Ditjen PRL Miftahul Huda.

Hadir juga mendampingi Deputi dan Direktur Jasa Kelautan, Andreas Albertino Hutahaean selaku Kepala Bidang Pengelolaan Konservasi Perairan dan Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil.

Hasil tinjauan kami ini nanti tentu akan menjadi bahan evaluasi kami, dan proses penanaman koral atau terumbu karang masih berlangsung sekarang yang mana batas waktu kita ini sampai akhir tahun ini.

Untuk di Pantai Semawang Sanur ini akan ditanam terumbu karang membentuk tulisan "Love ICRG Sanur dan Welcome Sanur" dan masih dalam proses pengaturan penanamannya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved