Breaking News:

Serba Serbi

Cerita Kelian Dinas Kederi: 5 Tahun Tak Punya Anak, Permohonan Ibunya Dikabulkan Bhatara Ratu Brayut

Ibunya lama tidak memiliki keturunan. Akhirnya ibunya mendapat anak setelah mohon anak kepada Ida Bhatara Ratu Brayut di Pura Dalem Silakarang-Kederi

Tribun Bali/AA Seri Kusniarti
Pura Dalem Desa Pekraman Silakarang-Kederi, Desa Singapadu Kaler, Sukawati, Gianyar. Di Pura Dalem-Kederi, banyak umat mohon anak kepada Ida Bhatara Ratu Brayut 

Laporan wartawan Tribun Bali AA Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Pura di Bali selain menjadi tempat pemujaan untuk memohon keselamatan, juga dipercaya punya sisi lain.

Seperti tempat untuk mohon anak atau keturunan. Salah satunya Pura Dalem Desa Pekraman Silakarang-Kederi.

Pura Dalem Silakarang-Kederi adalah Pura Kahyangan Tiga yang diemong oleh dua banjar, yakni Banjar Silakarang dan Banjar Kederi, Desa Singapadu Kaler, Sukawati, Gianyar.

Meski berstatus pura desa, pura ini tidak hanya didatangi umat dari desa setempat. Tapi juga umat dari berbagai penjuru di Bali. Banyak yang datang memohon agar diberikan anugerah anak.

Baca Juga: Tolak Cetik dan Bala, Tumbuhan Uli Dipercaya Miliki Khasiat Khusus

Seperti dituturkan Kelihan Dinas/Kepala Dusun Banjar Dinas Kederi, I Wayan Eka Sumajaya. Memang sejak lama dari kisah dan cerita panglingsir di Kederi, masyarakat percaya bahwa dengan meminta anak di Pura Dalem, jika berjodoh akan dikabulkan.

Pengalaman “magis” itu pun dirasakan sendiri oleh ibunya. Dulu ibunya juga lama tidak memiliki keturunan. Akhirnya ibunya mendapat anak setelah memohon di Pura Dalem Silakarang-Kederi.

“Waktu itu atas petunjuk Jro Mangku Dalem Lingsir, ibu saya disuruh menghaturkan bakti dan banten di Pura Dalem. Nunas ica di bhatara-bhatari yang ada di sana, dan malinggih di pura. Meminta agar diberikan keturunan, dan tak lama kemudian ibu saya hamil,” tuturnya kepada Tribun Bali, belum lama ini.

Sepengetahuannya, umat atau pamedek yang ingin nunas atau meminta anak memohon kepada Ida Bhatara Ratu Brayut. Meminta kepada beliau, agar diberikan keturunan dan diangkat segala penyakit atau penghalangnya.

Halaman
12
Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Komang Agus Ruspawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved