Breaking News:

Berita Badung

Awali Tahun Baru 2021, Kodam IX/Udayana Bersih-Bersih Pantai Kuta dari Sampah Kiriman

Daya tarik Kawasan wisata Pantai Kuta masih menjadi primadona objek wisata wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Pendam IX/Udayana
Kodam IX/Udayana bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Badung dan instansi terkait lainnya menggelar kegiatan bersih-bersih pantai berupa Karya Bakti pembersihan Pantai Kuta yang dilaksanakan pada Jumat (1/1/2021. 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Daya tarik Kawasan wisata Pantai Kuta masih menjadi primadona objek wisata wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Namun di penghujung Tahun 2020 di sepanjang areal Pantai Kuta terlihat banyak sekali sampah kiriman yang terbawa air laut sehingga menimbulkan keindahan alam pantai tersebut menjadi kurang enak di pandang mata.

Baca juga: Selama Pandemi 2020, Forensik RSUP Sanglah Tangani 3.886 Jenazah 

Baca juga: Tahun Baru, Kawasan Wisata Bedugul Dilanda Hujan Deras dan Kabut

Baca juga: Mengenal Forensik RSUP Sanglah dan Layanannya, Tahun 2021 Akan Perbarui Layanan Rumah Duka

Menindaklanjuti situasi itu, Kodam IX/Udayana bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Badung dan instansi terkait lainnya menggelar kegiatan bersih-bersih pantai berupa Karya Bakti pembersihan Pantai Kuta yang dilaksanakan pada Jumat (1/1/2021)

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf I Made Mahaparta bersama Kadis DLHK Badung I Wayan Puja dan diikuti oleh para peserta dari berbagai elemen.

Baca juga: Mayat Wanita di Tegalan Diduga Nenek Rampin yang Hilang, Keluarga Kenali dari Kamennya

Baca juga: Diduga Akibat Percikan Kembang Api, Bale Panjang di Pura Puseh Desa Pakraman Denpasar Terbakar

Baca juga: Buka Sampai Larut Malam, Kapolres Badung Tutup Mini Market di Petitenget

Di antaranya Kompi A Yonif Raider 900/SBW, Kompi B Yonif Mekanis 741/GN, Yon Zipur 18/YKR, Denkav 4/SP, Kodim 1611/Badung, Lanud Ngurah Rai, Lanal Denpasar, Polri, DKP Kab. Badung, FKPPI, Pramuka, LDII, Hipakad, Himpunan Nelayan Kuta dan Organisasi Baracuda.

Pada kesempatan tersebut Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf I Made Mahaparta menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan kesan Pantai Kuta yang rapi dan bersih.

Menurut dia, kebersihan lingkungan Pantai Kuta merupakan tanggung jawab bersama, bahwa lingkungan harus selalu dalam kondisi baik khususnya dari sampah-sampah plastik.

Baca juga: Terjadi Keributan di Sesetan Denpasar, Dua Orang Luka-luka

Baca juga: Ular Piton 4 Meter Mangsa Ayam Milik Warga di Sanur

Baca juga: Tahun Baru, Pemuda Asal Bekasi Ini Tewas di TKP Akibat Laka Lantas di Jalan By Pass Ngurah Rai

"Hari ini kita bersama-sama melaksanakan pembersihan di Pantai Kuta ini. Mudah-mudahan dengan kehadiran kita, pantai yang kita banggakan dan kita cintai ini bisa terlihat lebih rapi, bersih dan tidak seperti yang kita lihat pagi hari ini," terang Aster Kasdam Udayana melalui keterangan tertulis kepada Tribun Bali.

Sementara itu, Kadis DLHK Badung I Wayan Puja, menyampaikan, fenomena sampah kiriman ini menjadi hal musiman.

"Bahwa sampah ini sebenarnya terjadi berulang setiap tahunnya dan berdampak cukup membuat kondisi lingkungan menjadi kotor. Kita juga sudah terus berupaya maksimal untuk melakukan pembersihannya dan semoga melalui kegiatan pada hari ini dapat lebih mempercepat proses pembersihan lingkungan pantai ini," ujarnya.

Sampah-sampah itu dikumpulkan sehingga nantinya dapat mempermudah alat berat yang ada untuk mengambil dan mengangkutnya ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Mengwi, Badung.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Asintel Kasdam IX/Udayana, Asops Kasdam IX/Udayana, para Dan/Kabalakdam IX/Udayana, Danlanal Denpasar, Waaslog Kasdam IX/Udayana, Dandeninteldam IX/Udayana, Kasdim dan Pabung Kodim 1611/Badung serta undangan lainnya. (*)

Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved