Breaking News:

Natal dan Tahun Baru

Patroli 'Jalan Tikus' di Perbatasan, Satgas Kodam IX/Udayana Gagalkan 2 Upaya Penyelundupan Petasan

Jajaran Kodam IX/Udayana melalui Satgas Yonarmed 3/105 Tarik juga berhasil menggagalkan penyelundupan petasan jelang malam pergantian tahun

Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Dok. Pendam IX/Udayana
Menjelang malam pergantian tahun, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik gagalkan upaya penyelundupan petasan di Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur - Patroli 'Jalan Tikus' di Perbatasan, Satgas Kodam IX/Udayana Gagalkan 2 Upaya Penyelundupan Petasan 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, KUPANG - Jajaran Kodam IX/Udayana melalui Satgas Yonarmed 3/105 Tarik juga berhasil menggagalkan penyelundupan kembang api atau petasan jelang malam pergantian tahun, pada Kamis (31/12/2020).

Sebelumnya, disampaikan Kapendam IX/Udayana, Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Kodam IX/Udayana Yonif RK 744/SYB juga berhasil menggagalkan upaya penyelundupan kembang api dan kayu cendana dalam patroli menjelang pergantian tahun, pada Rabu (30/12/2020) malam.

"Sebanyak 4 karung kayu cendana seberat 125 kilogram dan 2 karton kembang api seberat 40  kilogram di wilayah Pantai Atapupu Desa Kenebibi, Kecamatan Kakuluk Mesak Kabupaten Belu yang ditinggalkan pemiliknya," terang Kapendam.

Diakuinya memang pergantian tahun biasanya menjadi momentum kemeriahan bersama keluarga, saudara, teman maupun kerabat dengan perayaan. 

Baca juga: Situasi Malam Pergantian Tahun, Satgas Enforce Kodim Badung Tegas Bubarkan Temuan Kerumunan

Baca juga: Ini 10 Tradisi Unik Merayakan Tahun Baru dari Seluruh Dunia, Festival hingga Membakar Patung

Baca juga: Polri-TNI Tindak Tegas Pelanggar Maklumat Kapolri, Jangan Ada Party dan Petasan di Tabanan

Namun situasi saat pandemi Covid-19 ini berbeda, kemeriahan yang menimbulkan kerumunan tersebut sementara waktu dilarang.

Bersamaan dengan hal itu, situasi pergantian tahun ternyata masih saja dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menyelundupkan barang melalui perbatasan dengan cara ilegal. 

Lokasinya berada di Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Satgas Yonarmed 3/105 Tarik berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 1 karung yang berisikan kembang api dan petasan beragam jenis sebanyak 181 buah seberat 12,5 kg yang diduga akan diselundupkan ke wilayah RDTL," jelasnya.

“Kegiatan patroli ini sengaja kami perketat khususnya pada momen menjelang pergantian tahun ini, karena disinyalir ada oknum yang mungkin memanfaatkannya untuk melakukan kegiatan ilegal penyelundupan,” sambung Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik Letkol (Arm) Laode Irwan Halim, S.IP, M.Tr (Han), melalui keterangan tertulis yang diterima Tribun Bali, pada Kamis (31/12/2020).

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved