Breaking News:

Iran

Selain Amerika, Iran Juga Menuduh Negara-negara Ini Berperan dalam Pembunuhan Qasem Soleimani

Setahun kematian Qasem Soleimani, Iran tidak hanya menuduh AS, tapi juga negar-negara ini terlibat pembunuhan Komandan Pasukan Quds tersebut

Al Jazeera
Mayor Jenderal Qasem Soleimani. Setahun kematian Qasem Soleimani, Iran tidak hanya menuduh AS, tapi juga negar-negara ini terlibat pembunuhan Komandan Pasukan Quds tersebut. 

TRIBUN-BALI.COM - Setahun kematian Qasem Soleimani, Iran tidak hanya menuduh AS, tapi juga negar-negara ini terlibat pembunuhan Komandan Pasukan Quds tersebut.

Selain menuduh Amerika Serikat (AS), media pemerintah Iran juga menuduh sejumlah negara karena berperan dalam pembunuhan jenderal top Qasem Soleimani.

Berikut negara-negara yang dituduh Iran terlibat dalam pembunuhan Soleimani, yaitu Irak, Suriah, Lebanon, Yordania, Kuwait, Qatar, Jerman, dan Inggris.

Soleimani, Komandan Pasukan Quds yang merupakan sayap pasukan elite Garda Revolusi Iran, tewas dalam serangan pesawat nirawak pada 3 Januari 2020 saat mengunjungi Baghdad, Irak.

Menurut DEFA Press, Iran kemungkinan akan menambah daftar negara yang dituding berperan dalam pembunuhan Soleimani ketika proses penyelidikan telah selesai dilakukan.

Baca juga: Rasa Kehilangan Pada Jenderal Qasem Soleimani Terlanjur Dalam, Puluhan Tewas Saat Prosesi Pemakaman

Baca juga: Mengenal Pasukan Elite Garda Revolusi Iran, Pasukan Quds Dikenal Paling Misterius

"Kita harus belajar dari pengalaman ini, yang datang dengan harga yang mahal.

Kita harus melakukan segala upaya untuk menjaga persatuan dan kohesi nasional yang dicapai karena darah para martir," tulis DEFA Press.

Pada Rabu (30/12/2020), jaksa penuntut Ali Alqasimehr mengeklaim bahwa sebuah perusahaan keamanan Inggris dan sebuah pangkalan udara di Jerman memiliki andil dalam pembunuhan Soleimani.

Tanpa memberikan bukti, dia menuturkan bahwa perusahaan jasa keamanan yang berbasis di London, G4S, berperan dalam pembunuhan tersebut sebagaimana dilansir dari DW.

Pemerintah Iran juga menuduh AS telah menggunakan Pangkalan Udara Ramstein di Jerman untuk menargetkan Soleimani.

Halaman
1234
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved